Mother&Baby Indonesia
Penanganan Gangguan Bipolar

Penanganan Gangguan Bipolar

Gangguan Bipolar (GB) merupakan suatu gangguan jiwa yang bersifat episodik dan ditandai oleh gejala perubahan mood yang ekstrem, yaitu depresi dan mania. Gejala ini berlangsung seumur hidup.

 

Keadaan mood (suasana hati) pada gangguan bipolar disebut episode yang terdiri dari beberapa macam, seperti berikut.



1. Depresi: Hilangnya minat atau rasa senang.
2. Mania: Mania merupakan periode mood yang ekspansif atau iritabel dan menetap selama minimal satu minggu.
3. Hipomanik: Hipomania merupakan mood yang bersifat ekspansif atau iritabel yang menetap minimal empat hari, terlihat jelas perbedaan mood dengan keadaan tidak depresi.
4. Campuran: Memenuhi kriteria episode manik dan episode depresi mayor, hampir setiap hari selama paling sedikit satu minggu.

 

Kondisi penderita bipolar cenderung memburuk jika tidak dikendalikan. Pengobatan pada gangguan bipolar secara langsung terkait pada fase episodenya, seperti depresi atau manik dan derajat keparahan fase tersebut. Karena itu, perlu dilakukan diagnosis episode yang tepat agar bipolar bisa ditangani dengan benar.



 

Selain itu, penderita juga perlu mengontrol emosi dan mood saat melakukan pengobatan. Dukungan keluarga dan lingkungan juga perlu dilibatkan untuk mewaspadai adanya penyalahgunaan zat, serta situasi yang memungkinkan timbul kekambuhan. Kecenderungan melakukan hal-hal yang berbahaya juga perlu diwaspadai dengan. (Aulia/DT/dok.M&B)

 

BACA JUGA: Amati Gejala Awal Bipolar



Tags: kesehatan,   bipolar,   stres,   depresi,   wanita,  










Cover Mei-Juni-Juli 2020