Mother&Baby Indonesia
Menjaga Gigi-gigi Si Kecil

Menjaga Gigi-gigi Si Kecil

Ketika gigi pertama Si Kecil muncul, Anda akan mulai menyikati giginya dua kali sehari menggunakan jari Anda dan sedikit pasta gigi khusus anak. Ini sangat penting untuk menjaga gusi dan rahang Si Kecil tetap dalam kondisi baik sampai gigi-gigi berikutnya tumbuh. Setelah ia menginjak usia 18 bulan dan gigi susunya mulai banyak, barulah Anda menyikati giginya menggunakan sikat dan pasta gigi khusus anak.

 

(baca: Tip Membersihkan Gigi Bayi)



 

Anda tidak boleh lupa untuk menyikat gigi Si Kecil sebelum ia tidur. Sebab bila plak didiamkan dan bercampur dengan zat manis di dalam mulut, dapat memproduksi asam yang mampu menyerang email gigi. Anda tentu tidak ingin Si Kecil kesakitan dan sedih karena harus mengalami sakit gigi atau giginya dicabut oleh dokter gigi kan, Moms?



 

Dilansir melalui M&B AU, Anda pun perlu memerhatikan asupan makanan dan minuman Si Kecil agar ia terhindar dari sakit gigi. Berikut adalah hal yang perlu Anda lakukan:
1. Berikan Si Kecil susu atau air hangat di antara waktu makannya
2. Hindari makanan bayi dengan tambahan gula atau jus buah
3. Minta ke bagian farmasi untuk memberikan obat bebas gula bagi Si Kecil
4. Selalu cek bagian komposisi makanan yang akan dibeli, apakah kandungan gulanya tinggi atau tidak
5. Hindari memberikan kudapan manis di antara waktu makan Si Kecil. Jika tetap ingin memberikannya camilan yang manis, berikan bersamaan dengan waktu makan lalu langsung bersihkan giginya. (Sagar/DT/Dok. M&B)



Tags: bayi,   gigi,   tips