Mother&Baby Indonesia
Melahirkan di Usia Tua, Umur Lebih Panjang?

Melahirkan di Usia Tua, Umur Lebih Panjang?

Anda memiki anak di usia yang tidak lagi muda? Sebuah penelitian baru dari Inggris menunjukkan bahwa wanita yang melahirkan pada usia yang lebih tua, memiliki umur yang lebih panjang. 

 

Para ilmuwan menganalisis data dari penelitian sosial di Inggris, yang disebut Long Life Family Study. Penelitian tersebut melibatkan 551 keluarga. Para ahli menitikberatkan pada kelahiran anak terakhir dari 462 wanita. Hasilnya, wanita yang memiliki anak setelah mereka berusia 33 tahun dua kali lebih mungkin untuk mencapai usia 95 tahun, daripada wanita yang melahirkan untuk terakhir kalinya pada usia 29 tahun.

 

Ide ini berasal dari penelitian yang diterbitkan dalam Menopause: The Journal of the North American Menopause Society, yang dipimpin oleh Dr Thomas Perls dari Boston University Medical Center. Dr. Peris menambahkan, wanita yang bereproduksi dalam jangka waktu yang lama, atau melahirkan di usia yang lebih tua, juga dapat meningkatkan peluangnya untuk mewarisi gen-gen tersebut ke generasi berikutnya.

 

“Usia saat melahirkan anak terakhir dapat menjadi indikator tingkat penuaan. Kemampuan alami untuk memiliki anak pada usia yang lebih tua mungkin menunjukkan bahwa penuaan sistem reproduksi wanita tersebut juga akan lebih lambat. Namun, jangan sampai temuan ini membuat para wanita menunda lebih lama untuk memiliki anak di usia yang lebih tua, hanya karena untuk meningkatkan peluang umur yang lebih panjang bagi kehidupan mereka,” ungkap Dr. Perls, seperti dilansir dari sumber M&B UK. (Aulia/DT/dok.M&B)



Tags: melahirkan,   ibu,   wanita