Mother&Baby Indonesia
Lidah Kucing Salut Cokelat Pistachio

Lidah Kucing Salut Cokelat Pistachio

Biar tampil beda, lidah kucing atau katetong ini disalut cokelat leleh lalu ditaburi kacang pistachio cincang. Jadi mirip lidah kucing berkaus kaki.

 

Lama membuat: 120 menit
Untuk 83 buah (300 g)



 

Bahan:

100 g mentega tawar, suhu ruang
100 g gula bubuk (dari 100 g gula pasir, grinder hingga halus)
1     butir (60 g) telur ayam
 

Ayak: 100 g tepung terigu + ¼ sdt garam

 

Salutan: 
100 g cokelat masak pekat, cincang halus, tim hingga leleh
1 bungkus (40 g) kacang pistachio, siap santap, kupas, cincang agak halus

 



Cara membuat:
1. Siapkan loyang datar bersemir margarin (atau loyang khusus katetong), semir dengan margarin tipis dan rata, sisihkan.

2. Kocok mentega memakai mixer berkecepatan sedang hingga lembut. Masukkan gula bubuk sambil kocok terus. Tambahkan telur sambil kocok terus hingga rata. Matikan mixer, masukkan terigu ayak ke dalam adonan, aduk rata.

3. Panaskan oven bersuhu 150°C, sisihkan.

4. Masukkan adonan kukis ke dalam plastik berspuit dengan ujung lurus. Semprotkan adonan di atas loyang khusus lidah kucing atau loyang datar. Jika memakai loyang datar, semprotkan sepanjang 7 cm dan lebar 2½ cm dengan jarak 2½ cm di antaranya. Usahakan bagian atas dan bawah lebih lebar dari bagian tengah (siluet bentuknya mirip tulang).

5. Panggang dalam oven panas selama 15 menit atau hingga pinggiran kukis berwarna keemasan. Angkat, biarkan dingin selama 3 menit di atas loyang, baru tiriskan di atas rak kue hingga dingin sepenuhnya.

6. Celupkan setengah bagian lidah kucing ke dalam cokelat leleh, tiriskan, segera taburi kacang pistachio, tiriskan di rak kue agar cokelat membeku. Lakukan demikian untuk sisa bahan. Segera masukkan lidah kucing ini ke dalam stoples kedap udara. Bisa tahan simpan hingga 3 hari.

 

(RintoHabsari/RH/DT/dok.M&B)



Tags: kukis,   lidah_kucing,   ketetong