Mother&Baby Indonesia
Kacang Kurangi Masalah Jantung

Kacang Kurangi Masalah Jantung

Ada kabar baik bagi Anda yang sering mengonsumsi kacang sebagai camilan di waktu senggang. Menurut sebuah penelitian baru, satu porsi harian kacang dapat memangkas hampir sepertiga risiko penyakit jantung. Jenis camilan kacang tanah dan kacang mete disebut dapat mengurangi risiko masalah jantung ini sebesar 30 persen. 

 

Dalam penelitian terbaru yang dilakukan oleh para ilmuwan AS dan Cina tentang ketentuan diet harian dan kesehatan, diketahui kacang menjadi salah satu jenis makanan yang memiliki manfaat besar bagi kesehatan. 



 

Tahun lalu, laporan dari para peneliti dalam New England Journal of Medicine mengatakan bahwa kacang secara signifikan dapat menekan tingkat kematian dini akibat penyakit jantung. Selain itu, kacang juga dapat menurunkan kematian akibat penyakit kanker hingga 11 persen.

 

Kacang-kacangan mengandung kombinasi yang kaya asam lemak tak jenuh, vitamin, mineral, dan nutrisi lainnya. Kombinasi ini bekerjasama untuk menurunkan kolesterol dan mengurangi berbagai peradangan dalam tubuh.



 

Para ahli dari Hua Zhong Universitas Sains dan Teknologi, Wuhan, Cina dan Harvard School of Public Health di Boston, Amerika Serikat, melihat manfaat kesehatan dari kacang-kacangan dengan mengumpulkan data dari sejumlah studi sebelumnya. Dalam 18 studi yang berbeda, mencakup lebih dari 12.000 kasus diabetes tipe dua, 15.000 kasus penyakit jantung, dan hampir 50.000 kematian. Hasilnya, menunjukkan bahwa setiap porsi harian kacang dapat menurunkan risiko penyakit jantung antara 28 hingga 29 persen. Selain itu, risiko kematian juga dapat dikurangi hingga 17 persen.

 

"Temuan ini turut merekomendasikan kacang sebagai bagian dari pola diet sehat untuk pencegahan penyakit kronis," ungkap salah satu peneliti, seperti dilansir dari sumber Daily Mail. Namun, dalam kasus diabetes tidak ada perbedaan yang signifikan antara pemakan kacang dan non-pemakan kacang. (Aulia/DT/dok.Daily Mail)



Tags: nutrisi,   kesehatan,   jantung