Mother&Baby Indonesia
Makanan Khas Lebaran di Berbagai Negara

Makanan Khas Lebaran di Berbagai Negara

Perayaan lebaran tak lepas dari berbagai tradisi, termasuk santapan khas yang disajikan di setiap berbagai daerah dan negara, seperti berikut.

 

1. Indonesia
Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan sajian khas lebaran, ketupat. Ketupat adalah hidangan khas Asia Tenggara berbahan dasar beras yang dibungkus dengan selongsong terbuat dari anyaman daun kelapa (janur). Ketupat umumnya disajikan beserta opor ayam, rendang, gulai, dan makanan lainnya, sebagai pengganti nasi. Selain ketupat, Indonesia juga memiliki berbagai jenis kue dan camilan lebaran yang menjadi ciri khas masing-masing daerahnya, seperti kue Akar Kelapa dan kacang goreng bawang, dodol Betawi, dan kue kembang goyang.



 

2. Timur Tengah
Beberapa negara di Timur Tengah juga memiliki makanan khas lebaran. Arab Saudi punya daging domba yang dicampur nasi dan sayuran tradisional. Tradisi ini juga diterapkan di di Sudan, Suriah, dan beberapa negara Timur Tengah lainnya. Di Irak, saat Lebaran terkenal dengan makanan yang manis seperti kleicha. Sedangkan di Lebanon, Suriah, dan tempat lainnya dikenal dengan mamoul. Bentuknya hampir sama dengan kelicha, tetapi mamoul diisi dengan kurma atau kenari. Di Palestina, sangat terkenal dengan kue yang dibuat dari mentega, almond, atau kacang pinus yang disebut ghraybeh. Di Mesir, ikan biasanya menjadi menu utama saat Lebaran. Sedangkan, makanan khas Lebaran di Turki terkenal dengan lokum atau biasa disebut Turkish delight.

 



3. India
India juga menyiapkan hidangan khusus yang disebut dengan siwaiyaan, yakni campuran bihun manis dengan buah kering dan susu. Siwaiyaan hadir dalam beragam bentuk dan warna.

 

4. Maroko
Maroko punya sajian istimewa saat Lebaran tiba, yaitu pie ayam. Hidangan ayam yang satu ini rasanya gurih dan sedikit asam. Diberi topping almond yang renyah juga dibumbui dengan air jeruk lemon. (Aulia/DT/dok.wikkipedia)



Tags: lebaran,   makanan,   idul_fitri










Cover Mei-Juni-Juli 2020