Mother&Baby Indonesia
Pijat untuk Memperlancar ASI

Pijat untuk Memperlancar ASI

Saat bayi lahir, Anda mempunyai tugas utama untuk Si Kecil, yaitu menyusui. Beberapa ibu merasa ASI-nya tidak lancar. Bagaimana mengatasinya?


Kelancaran ASI memang memerlukan kepercayaan diri dari sang ibu. Selain percaya diri, Anda juga bisa mencoba usaha lainnya, seperti pijatan. Agar ASI lancar dan tidak terjadi pembengkakan, pijatlah payudara minimal 2 kali sehari. Ritual ini akan lebih baik dilakukan sebelum mandi. Berikut beberapa teknik pijat untuk memperlancar ASI Anda.


1.Siapkan minyak zaitun, atau baby oil untuk memijat.




2.Sangga bagian bawah payudara Anda dengan salah satu tangan. Dengan tiga jari dari tangan yang berlawanan, buatlah gerakan memutar sambil menekan, mulai dari pangkal payudara dan berakhir pada area puting susu. Lakukan minimal 30 kali untuk setiap payudara.


3.Tempatkan kedua telapak tangan di antara kedua payudara. Pijat mulai dari tengah, lalu menuju ke atas mengelilingi payudara. Ketika sampai di bagian bawah payudara, angkat, kemudian lepaskan payudara perlahan-lahan. Lakukan gerakan ini minimal 30 kali.




4.Sangga payudara di bawah dengan salah satu tangan. Kepalkan tangan yang lain, kemudian urutlah bagian atas payudara (dari tepi luar payudara ke arah dalam) dengan bagian bawah tangan yang dikepalkan (bukan dengan buku jari). Lakukan gerakan tersebut dengan lembut, minimal 30 kali.


5.Kompres kedua payudara dengan waslap hangat selama 2 menit. Kemudian, ganti dengan waslap dingin selama 1 menit. Kompres bergantian sampai 3 kali berturut-turut, dan akhiri dengan kompres hangat. (Aulia/dok.M&B)



Tags: asi,   pijat kehamilan








Cover Maret 2020