Mother&Baby Indonesia
Manfaat Pola Asuh Demokratis

Manfaat Pola Asuh Demokratis

Anak merupakan generasi penerus. Di tangan mereka banyak terdapat harapan untuk membangun bangsa. Untuk itu, penting bagi orang tua untuk membentuk generasi yang cerdas berkarakter dengan menanamkan berbagai nilai dan perilaku positif.

 

Menurut Vera Itabiliana Hadiwidjojo, Psi., Psikolog Anak, berbagai nilai dan norma perilaku positif dapat ditanamkan orang tua melalui pola asuh yang tepat. “Anak merupakan cerminan dari orangtua. Jika kita memberikan dasar yang kuat, anak akan tumbuh dengan karakter yang juga kuat,” ungkap Vera dalam seminar media Selasa (01/07) lalu.



 

Ia menyarankan, orangtua dapat menerapkan pola asuh yang demokratis dalam mendidik anak. Metode pola asuh demokrasi menunjukkan kematangan orang tua dan membimbing anak sesuai dengan kemampuan anak tanpa menuntut. Pola asuh ini juga membangun kedekatan emosional karena orangtua yang mengasuh anak dengan pola asuh ini cenderung memiliki hubungan yang hangat dengan anaknya.

 

“Dalam pola asuh demokratis, tetap ada aturan, tetapi anak bisa kompromi. Dalam hal itu, anak juga belajar menerima konsekuensi, dan harus tetap ada batasan yang jelas. Dengan begitu, anak tidak akan merasa terkekang,” tambah Vera.



 

Sikap yang bisa dilatih dari pola asuh demokrasi adalah menumbuhkan sikap optimis, bertanggungjawab, percaya diri dalam pribadinya sifat mandiri, mampu mengambil keputusan, sikap berani berekspresi, empati, dapat bekerja sama, dan menghargai apa yang dimiliki. Selain pola asuh, orangtua juga perlu memerhatikan kesehatan anak, karena kesehatan dapat memengaruhi perkembangan psikologis anak Anda. (Aulia/DT/dok.M&B)

 

BACA JUGA: Kenali Pola Asuh Anda



Tags: karakter,   anak,   pola_asuh,   orangtua,