Mother&Baby Indonesia
Bila Bayi Menyentuh Organ Genitalnya

Bila Bayi Menyentuh Organ Genitalnya

Jangan bingung bila bayi Anda terkadang suka memegang organ genitalnya. Hal ini dapat terjadi pada usia berapapun, terutama bila Si Kecil menginjak usia 4-6 bulan. Pada usia tersebut kontrol tangan bayi sedang berkembang dan ia mulai mengeksplorasi bagian-bagian tubuhnya. Si Kecil akan menyentuh kedua kuping, kaki, serta organ genital, sebab bagian-bagian itu mudah dicapai tangan dan menarik untuknya.

 

“Bayi akan merasa penasaran dengan bentuk organ genitalnya dan mengapa letaknya ada di sana. Ia pun bisa mengeksplorasi hanya sekali saja atau berulang kali. Tidak apa-apa, keduanya umum terjadi," ungkap Bob Sears, pediatrik asal Clemente, California, Amerika Serikat.



 

Dilansir melalui Babycenter, ketika Si Kecil memegang organ genital, rasa penasarannya akan hilang dan berhenti melakukannya. Tetapi, bila ia mengingatnya kembali, ia akan berusaha untuk menyentuhnya lagi. Biarkan ia mengeksplorasi tubuhnya secara bebas. Apabila ia melakukannya di depan umum dan membuat orang-orang di sekitarnya tidak nyaman, naikkan popok dan celananya lalu berikan ia mainan agar perhatiannya terpusat pada hal lain. Sesekali Anda juga perlu mengingatkannya kalau menyentuh organ genital itu tidak baik dan minta ia hanya melakukan hal ini di rumah saja.



 

Perilaku ini pun bisa menjadi indikasi ada iritasi pada kulit, infeksi, atau masalah medis lainnya. Perhatikan reaksinya saat memegang organ genital, apakah ia terlihat tidak nyaman atau kesakitan. Jika iya, periksa bagian tersebut untuk melihat apakah ada luka, kemerahan, bengkak, serta indikasi iritasi. Setelah itu bawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan secara cepat. (Sagar/DT/Dok. M&B)



Tags: bayi,   orangtua,   organ_genital,   kesehatan