Mother&Baby Indonesia
Mencari Tahu Sifat Si Kecil

Mencari Tahu Sifat Si Kecil

Apakah perilaku anak di masa 6 minggu pertamanya bisa menjadi acuan seperti apa sifatnya kelak? Pediatrik William Carey yang juga pengarang buku Understanding Your Child's Temperament mengatakan tidak selalu, namun bisa jadi benar. Sebagai orangtua baru, Anda akan menghabiskan banyak waktu untuk melihat respons bayi kepada orang-orang di sekitarnya dan mengira-ngira apakah kerewelan atau ketidakacuhannya dapat dijadikan tolak ukur akan seperti apa ia saat dewasa nanti.

 

Walaupun keinginan Anda sangat besar untuk mengetahui sifat Si Kecil, Anda perlu tahu perilakunya saat masih kecil bisa sangat berbeda ketika ia dewasa nanti. Pola asuh merupakan salah satu penentu bagaimana sifat Si Kecil. Dilansir melalui Babycenter, sifat adalah cara seseorang mengalami dan bereaksi terhadap apa yang terjadi, baik di dalam maupun di luar dirinya.



 



Sifat anak akan mengalami banyak perubahan di bulan-bulan pertama, sebab perilaku newborn terpengaruh oleh faktor-faktor sementara, seperti hormon kehamilan, kesehatan dan diet ibu, durasi persalinan, kelahiran prematur, dan perkembangan saraf yang masih belum sempurna. Saat faktor-faktor ini hilang, yaitu sekitar ia berusia 4 bulan atau lebih, Anda akan melihat lebih baik seperti apa sifat Si Kecil. (Sagar/OCH/Dok. M&B)



Tags: bayi,   newborn,   orangtua,   perilaku,   sifat