Mother&Baby Indonesia
Peran Bidan Tingkatkan Generasi Berkualitas

Peran Bidan Tingkatkan Generasi Berkualitas


Sebagai tenaga kesehatan profesional, bidan memegang peranan yang sangat penting karena lebih kurang 63 persen dari 4,6 juta kelahiran per tahun di Indonesia ditangani oleh bidan. Selain itu 76,6 persen pelayanan KB juga dilakukan oleh bidan.

 

Dr. Emi Nurjasmi,M.Kes, Ketua Umum PP Ikatan Bidan Indonesia (IBI) mengharapkan, profesi bidan dapat diakui sebagai profesional dan berstandar global. “Bidan sebagai tenaga kesehatan profesional, bekerja sebagai mitra masyarakat, khususnya keluarga sebagai unit terkecilnya. Bidan sebagai garda depan memiliki posisi strategis untuk memberikan pelayanan kesehatan yang berkesinambungan, mencakup upaya promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif dalam upaya mencapai terwujudnya derajat kesehatan ibu dan anak yang optimal,” ungkap Dr. Emi dalam sebuah diskusi media Kamis (26/06) siang.



 

Karena itu, IBI sebagai organisasi profesi bidan, mengadakan berbagai kegiatan sosialisasi dan edukasi untuk meningkatkan pengetahuan dan keahlian para bidan melalui Program Bidan Delima. “Dengan begitu, kami harap kualitas layanan Bidan Delima dapat menjadi standar kualitas bagi para bidan praktik mandiri di Indonesia,” tambahnya.



 

Hasil survei Demografi dan Kesehatan Indonesia tahun 2012 memperlihatkan pencapaian program KB belum memuaskan dan ini terlihat dari angka kelahiran total berada di angka 2,6 sejak tahun 2002. Untuk itu, profesi bidan yang berperan dalam program KB, diharapkan dapat membantu menekankan angka kelahiran di Indonesia. Dengan KB, diharapkan dapat menyiapkan kesehatan wanita dan anak-anak Indonesia yang lebih baik. (Aulia/DT/dok.M&B)
 



Tags: bidan,   kesehatan,   kelahiran,   ibu,   hamil,