Mother&Baby Indonesia
Agar Si Kecil Tak Jajan Di Luar

Agar Si Kecil Tak Jajan Di Luar

Tanya
”Bulan depan Ciara akan masuk preschool, dan saya khawatir ia lebih suka jajan daripada makan bekalnya. Bagaimana ya supaya ia tak jajan sembarangan?”
(Calindina, ibu dari Ciara, 2)

 

Jawab



Tempe Spongebob
”Agar anak-anak tidak gemar jajan di luar, tentu Anda harus kreatif dalam memasak. Kebetulan saya punya resep khusus untuk buah hati saya, Eureka dan Ruben. Resep itu antara lain tempe Spongebob (tempe goreng tepung yang diberi sedikit keju), brokoli goreng tepung, sate Babarq (sate telur puyuh), agar-agar dan puding buah dalam cetakan lucu, serta jus buah dalam botol-botol kecil yang cantik. Intinya, setiap penyajian makanan harus lucu, unik, dan lain dari yang lain, sehingga si kecil tertarik dan selalu penasaran untuk memakannnya. Selamat mencoba!”
(Tetty. H. Sirait, ibu dari Eureka, 4 tahun 5 bulan, dan Ruben, 2)

 

Stiker di Kotak Makan
”Biasanya anak suka jajan di luar karena ia tergoda kemasan atau bentuk penyajiannya yang menarik, apalagi jika kemasan itu sesuai dengan karakter kartun favoritnya. Menyiasatinya, saya membuatkan Ciela bekal dengan meniru bentuk lucu yang ia suka, misalnya roti panggang yang dibuat dengan toaster Hello Kitty. Walaupun sederhana, Ciela sangat menyukai bekalnya itu. Untuk makanan yang sulit diolah penyajiannya, saya menempelkan beragam stiker kartun menarik di kotak atau plastik pembungkusnya. Jadi, bekal rumahan pun tak kalah menarik dibanding jajanan di luar. Dan yang pasti juga murah meriah serta menyehatkan, Ciela pun selalu menantikan bekal yang saya siapkan."
(Lingga Citamarga, ibu dari Ciela, 4)

 



Bekal Selalu Hangat
”Tiap 2 minggu sekali, saya selalu mengajak Natasya dan Galih berbelanja snack atau minuman untuk bekal mereka ke sekolah. Selain itu, karena keduanya senang makanan yang hangat, saya selalu membawakan mereka bekal dalam wadah termos agar panasnya bertahan lebih lama. Dan karena itu sesuai keinginan mereka, anak-anak pun lebih menyukai bekal yang saya buatkan itu daripada jajan di sekolah.”
(Yang Nadia M., ibu dari Natasya, 10, dan Galih, 5)

 

Pilih Resep Kue Sendiri
”Saya selalu mengajak Chelsea memilih resep kue koleksi saya, dengan aneka gambar menarik. Saya lalu melibatkannya membuat kue pilihannya itu. Acara masak bersama ini selalu jadi rutinitas yang menarik untuk Chelsea, meski ia hanya memegang mixer atau memecah telur. Selain berhasil menghidarkan anak dari jajanan luar, cara ini juga bisa mengajarinya berhemat.”
(Niken Kartini, ibu dari Chelsea, 3 tahun 9 bulan)

 

(Sandra D. Sabastian/Sagar/DT/Dok. Freedigitalphotos)



Tags: anak,   orangtua,   tips










Cover April 2020