Mother&Baby Indonesia
Minyak Kelapa Kaya Manfaat

Minyak Kelapa Kaya Manfaat

Minyak kelapa dikenal memiliki banyak khasiat, termasuk bagi kesehatan fisik dan kulit. Minyak kelapa juga dapat mengatasi beberapa masalah yang dialami ibu hamil, new mom, atau bayi. Berikut beberapa manfaat minyak kelapa, seperti dilansir dari sumber M&B UK.

 

1. Tingkatkan Sistem Imun
Minyak kelapa dikenal sebagai antijamur, antivirus, dan antibakteri yang dapat membantu mencegah pilek atau flu, dan penyakit akibat virus lainnya. Campurkan dua sendok makan minyak kelapa dalam sehari pada minuman atau makanan Anda. Kandungan dalam minyak kelapa juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh selama kehamilan Anda.



 

2. Lancarkan Produksi ASI
Minyak kelapa adalah sumber yang baik untuk membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh bayi Anda, setelah ASI. Minyak kelapa juga diduga membantu merangsang produksi ASI selama menyusui. Anda bisa meminum sedikit minyak kelapa ketika menyusui, agar kandungan asam lauratnya yang bersifat anti bakteri akan langsung diteruskan pada bayi melalui ASI.

 

3. Mengurangi Efek Samping Kehamilan
Jika Anda mengalami keluhan morning sickness, mulas, atau sembelit saat hamil, sedikit minyak kelapa dapat membantu meringankan gejala-gejala tersebut. Kandungan dalam minyak kelapa dapat menenangkan perut dan membersihkan bakteri dari kerongkongan Anda untuk mengurangi refluks asam. Minyak kelapa juga disarankan untuk mengurangi ketidaknyamanan dan kekeringan pada vagina, serta efek samping lain dari kehamilan.

 

4. Atasi Iritasi Ringan
Gosokkan sedikit minyak kelapa ke setiap bagian kulit yang gatal atau kering selama kehamilan. Minyak kelapa juga bagus untuk mengatasi nyeri atau puting lecet saat menyusui.

 

5. Mencegah Stretch Mark
Minyak kelapa kerap disebut sebagai cara yang baik untuk mencegah stretch mark selama kehamilan. Selain itu, kandungan vitamin E dalam minyak kelapa juga membantu memudarkan garis stretch mark yang muncul pasca melahirkan.



 

6. Atasi Masalah Kulit Bayi
Anda dapat menggunakan sedikit minyak kelapa untuk mengobati ruam popok atau kepala bersisik (cradle cap) pada bayi.

 

7. Minyak Pijat Bayi
Pijat bayi menggunakan minyak kelapa adalah cara yang baik untuk dapat membantu Si Kecil tidur lebih nyenyak. Minyak kelapa sangat lembut di kulit bayi, dan memiliki aroma yang nyaman.

 

8. Atasi Kulit Kepala Kering
Kulit kepala kering merupakan salah satu dari efek samping kehamilan yang kerap dialami. Jika Anda mengalaminya, oleskan sedikit minyak kelapa ke akar rambut. Untuk perawatan, cuci rambut Anda dengan minyak kelapa di pagi hari. (Aulia/DT/dok.M&B UK)

 

BACA JUGA: 9 Masalah Kulit saat Hamil



Tags: kesehatan,   nutrisi,   ibu_hamil,   kulit,   bayi,   newmom








Cover Januari - Februari 2020