Mother&Baby Indonesia
Puasa Pulihkan Sistem Kekebalan Tubuh

Puasa Pulihkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tidak hanya merupakan salah satu ibadah bagi beberapa agama, para ahli mengklaim puasa baik bagi kesehatan tubuh. Dalam studi tersebut, mereka menemukan berpuasa selama 2 hari atau lebih dapat membantu memulihkan sistem kekebalan tubuh, terutama bagi sel yang telah rusak oleh penuaan atau pengobatan kanker.

 

Valter Longo, seorang ahli dari University of Southern California, AS, menuturkan, ”Saat Anda lapar, sistem di dalam tubuh akan berusaha menyimpan energi, dan salah satu cara untuk melakukan itu adalah dengan mendaur-ulang banyak sel imun yang tidak diperlukan, terutama yang sudah rusak.”



 

Ia dan koleganya pun menemukan berpuasa selama 2-4 hari setiap 6 bulan sekali akan membiasakan tubuh menjadi lebih kuat, menggunakan cadangan lemak dan gula yang tersimpan, serta memperbaiki sel-sel yang sudah tua. ”Tubuh akan mengirim sinyal kepada sel induk untuk beregenerasi dan membangun kembali seluruh sistem. Sistem tubuh yang sudah sangat rusak akibat kemoterapi atau penuaan, puasa menghasilkan siklus secara berkala agar membentuk sistem kekebalan tubuh yang baru,” papar Profesor Longo.



 

Dikutip melalui Dailymail UK, Dr Tanya Dorff, wakil penelitian ini menambahkan, ”Kemoterapi memang dapat menyelamatkan hidup penderita kanker, namun akan menyebabkan kerusakan yang signifikan pada sistem kekebalan tubuh. Jadi puasa dapat mengurangi beberapa efek buruk dari kemoterapi.” (Sagar/DT/Dok. Freedigitalphotos)



Tags: puasa,   kesehatan,   kemoterapi,   kanker,   imunitas,   sistem_kekebalan_tubuh








Cover Maret 2020