Mother&Baby Indonesia
Hormon 'Lapar' Kurangi Sembelit

Hormon 'Lapar' Kurangi Sembelit

Sebuah pil atau obat yang dapat memproduksi lebih banyak hormon ghrelin mungkin menjadi cara baru untuk mengatasi sembelit. Hormon ghrelin merupakan hormon yang disekresi ketika perut kosong, dan memicu otak untuk memberitahu Anda rasa lapar. Itu sebabnya, hormon ini sering disebut hormon penambah rasa lapar. Cara kerja hormon tersebut juga mempercepat pergerakan makanan melalui usus untuk membuat jalan bagi makanan baru. Ketika perut sudah penuh, produksi hormon akan berhenti atau melambat.

 

Menurut sumber dari Daily Mail, cara kerja hormon tersebut sebenarnya sudah mulai dimanfaatkan oleh para peneliti di Mayo Clinic dari Amerika Serikat pada percobaan yang melibatkan 50 pasien sembelit selama 12 minggu atau lebih.



 

Sebelumnya, Mayo Clinic juga melakukan penelitian yang melibatkan pasien-pasien diabetes yang rentan terhadap sembelit. Hasilnya, dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa pil baru yang merangsang produksi hormon ghrelin tersebut dapat mempercepat pergerakan makanan melalui usus dengan kecepatan waktu rata-rata 33 menit dibandingkan dengan plasebo, sehingga dinilai lebih efektif dalam menangani sembelit. (Aulia/DT/dok.freedigitalphotos)



 

BACA JUGA: Mengatasi Sembelit pada Bumil



Tags: kesehatan,   health,   sembelit,   pencernaan










Cover Mei-Juni-Juli 2020