Mother&Baby Indonesia
Terapi Ultrasound Kurangi Nyeri?

Terapi Ultrasound Kurangi Nyeri?

Ultrasound banyak dilakukan di klinik fisioterapi sebagai pengobatan untuk mengatasi kesemutan atau nyeri pada tangan dan jari yang disebabkan oleh tekanan pada saraf utama pergelangan tangan.

 

Kondisi kesemutan, keram, dan nyeri sebenarnya banyak terjadi pada orang-orang yang melakukan banyak pekerjaan tangan yang berulang. Kegiatan tersebut memang dapat mengiritasi dan meradang pada saraf, termasuk ibu hamil dan orang yang mengalami obesitas. Hal tersebut umumnya terjadi karena adanya penumpukkan cairan.



 

Dalam mengatasi keram dan nyeri, teatment ultrasound ini meliputi suntikan steroid, tetapi masih tetap ada tingkat kekambuhan yang tinggi. Saat ini, beberapa pasien sedang direkrut untuk  diikutkan dalam percobaan di East Kent Hospital, Inggris. Percobaan ini membandingkan efek terapi Ultrasound selama dua bulan. Penelitian sebelumnya menunjukkan hasil yang menjanjikan.

 



Terapi ultrasound menggunakan gelombang suara dengan frekuensi yang tinggi dan diubah menjadi panas di dalam jaringan, sehingga meningkatkan aliran darah dan pasokan oksigen ke jaringan yang meradang. (Aulia/dok.freedigitalphotos)

 

BACA JUGA: Tips Atasi Nyeri Puting



Tags: health,   kesehatan,   ultrasound








Cover Maret 2020