Mother&Baby Indonesia
Mengatasi Bekas Gigitan Serangga

Mengatasi Bekas Gigitan Serangga

Bekas gigitan serangga, seperti nyamuk atau semut, biasanya akan menyebabkan bentol kemerahan dengan lubang kecil di tengahnya. Bentol tersebut kemudian akan terasa sangat gatal karena zat kimia dari sengatan hewan-hewan tersebut, yang dikenal dengan nama histamines, dilepaskan di sekitar area kulit yang tergigit.

 

Dilansir melalui Dailymail UK, hal itu sebenarnya tidak akan memberikan masalah apa-apa pada kulit, kecuali rasa gatal tentunya. Namun ketika Anda menggaruknya, kulit dapat rusak dan menyebabkan infeksi sehingga terkadang menimbulkan luka. Ada banyak cara untuk mengobati luka bekas gigitan serangga, akan tetapi 2 cara alami yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan kantung teh dan oatmeal.



 

Apabila Anda ingin menggunakan kantung teh, rendam kandung teh ke dalam air panas selama 10 menit lalu biarkan dingin terlebih dahulu. Setelah itu peras air dari kantung teh dan aplikasikan ke bagian kulit yang tergigit serangga. Kandungan tannin di dalam teh akan membantu meredakan peradangan serta mengurangi bengkak pada kulit.



 

Sebagai alternatif lain Anda juga bisa mencampur oatmeal yang belum dimasak dengan air lalu baluri ke area kulit yang gatal. Bila tidak ingin berantakan, Anda bisa membungkus campuran ke-2 bahan  tadi ke dalam kain kasa lalu tempelkan ke kulit. Oatmeal akan membantu mengurangi peradangan dan meredakan rasa gatal yang terasa di kulit. Selamat mencoba ya, Moms! (Sagar/DT/Dok. Freedigitalphotos)



Tags: bekas_gigitan_serangga,   tips,   oatmeal,   kantung_teh,   kesehatan