Mother&Baby Indonesia
Balita

Balita 'Broken Home' Tidak Boleh Diasuh Ayah?

Salah satu ahli parenting terkemuka Inggris, Penelope Leach, membuat sebuah klaim kontroversial, yang menyinggung sekelompok pendukung hak ayah. Dalam buku terbarunya, Family Breakdown, ia mengklaim bahwa anak-anak dibawah usia 4 tahun dari orangtua yang bercerai atau dalam keadaan broken home, tidak boleh tinggal atau diasuh oleh ayah mereka ketika orangtua telah berpisah. Ia juga menegaskan, anak pada usia tersebut tidak boleh dipisahkan dari sang ibu. 

 



Leach yang juga merupakan mantan presiden National Childminding Association ini juga menambahkan, ada beberapa bukti yang 'tak terbantahkan' tentang efek memisahkan anak-anak dari ibu mereka. Diantaranya seperti mengurangi perkembangan otaknya dan kecenderungan memiliki masalah ikatan yang tidak sehat dengan orang-orang di sekelilingnya.

 



Sementara itu, Ian Maxwell, dari komunitas Families Need Fathers, tidak setuju dengan klaim tersebut. Ia menegaskan bahwa ikatan antara ayah dan anak-anak juga sama pentingnya dengan ikatan antara ibu dan anak. Melalui ketegasannya, sosok ayah dinilai sangat berperan terhadap perkembangan dan kekuatan mental sang anak saat dewasa nantinya.

 

Bagaimana pun, keputusan untuk berpisah antara Anda dan pasangan memang sulit. Namun, masalah pengasuhan Si Kecil tetap perlu disepakati oleh kedua belah pihak orangtua, dan pastikan kesepakatan yang Anda berdua putuskan tidak membawa pengaruh negatif apa pun bagi anak Anda. Yang perlu diingat, baiknya tidak ada yang boleh memutuskan tali silaturahmi antara orangtua dan anaknya. (Aulia/DT/dok.M&B)

 

BACA JUGA: Insting Seorang Ayah



Tags: ayah,   fatherhood,   parenting,   keluarga,   orangtua,   anak,   balita