Mother&Baby Indonesia
Ajak Anak Berbelanja Meningkatkan Perkembangannya

Ajak Anak Berbelanja Meningkatkan Perkembangannya

Mungkin Anda merasa malas membawa Si Kecil ke supermarket karena takut ia akan merajuk dan tantrum di tengah banyak orang. Namun, sebuah studi terbaru mempublikasikan bahwa mengajak anak ikut berbelanja bersama dapat meningkatkan fungsi otak dan membuatnya lebih bahagia lho, Moms!

 

Dilansir melalui M&B UK, Profesor Paul Andand dari Open University, Inggris, menjelaskan saat melihat proses orangtua memilih sesuatu untuk dibeli dan membayarnya secara signifikan berkaitan dengan kebahagian anak. Ia melanjutkan, ”Anak-anak mendapatkan stimulasi visual, pergi ke luar rumah dan melihat lingkungan yang baru, bertemu dengan orang lain sehingga mengembangkan keterampilan sosial, serta mendapatkan kesempatan untuk mengolah fisik mereka, misalnya berlarian di dalam toko.”



 

Profesor Paul pun menambahkan ada hubungan antara aktivitas apa yang dilakukan di sebuah tempat dengan keterampilan yang dikembangkan. Sebagai contoh, aktivitas yang pasif seperti menonton televisi dan melihat buku bergambar tidak menunjukkan pengaruh pada tingkat kebahagiaan anak atau perkembangan keterampilan gerak yang baru.



 

”Ada beberapa bukti yang mengatakan aktivitas yang lebih aktif dapat meningkatkan perkembangan kemampuan anak. Melukis atau mengerjakan seni dan kerajinan tangan secara signifikan meningkatkan keterampilan gerak. Sementara itu membaca atau mendengarkan cerita dan bernyanyi akan berpengaruh poda kemampuan bicara dan sosial,” ungkap salah seorang ilmuwan yang ikut serta dalam penelitian tersebut. (Sagar/DT/Dok. M&B)



Tags: anak,   tumbuh-kembang,   ibu,   orangtua,   aktivitas