Mother&Baby Indonesia
Ketika Si Kecil Bertemu Orang Asing

Ketika Si Kecil Bertemu Orang Asing

Si Kecil sangat bergantung pada Anda dan pengasuhnya yang lain untuk membuat ia tetap merasa aman. Keselamatan anak adalah tanggung jawab orangtua, dari menyetel mainan ayunannya, mengatur suhu air untuk ia mandi, hingga menjaganya dan memberi aba-aba kapan saat harus menyebrangi jalan. Jadi saat ia merasakan bahaya atau tidak nyaman, jangan heran bila Si Kecil mencari dan meminta bantuan Anda, salah satunya yaitu saat ia menghadapi orang asing. Dilansir melalui Babyzone, ada beberapa situasi yang terjadi setiap hari dan berikut adalah cara untuk Anda dan Si Kecil menghadapinya.

 



Saat Si Kecil ditawari sesuatu di tempat umum
Saat Si Kecil tiba-tiba ditawari permen oleh seseorang di mal, ia pasti akan merasa senang dan menerimanya. Karena anak kecil mana yang tidak suka ditawari makanan kesukaannya? Oleh karena itu, daripada Anda memarahi Si Kecil karena menerima permen tersebut, Anda dapat mengatakan kepada Si Pemberi Permen secara sopan untuk tidak memberikan Si Kecil permen sebab ia adalah orang yang tidak dikenal. Namun, jika Anda sedang berada di rumah sakit dan ia ditawari permen oleh perawat di sana, biarkan ia mengambilnya. Ketika perjalanan pulang, katakan pada Si Kecil, ”Kita boleh mengambil permen dari perawat tadi karena kita mengenalnya dan dia selalu memberikan permen kepada setiap anak yang mau diperiksa oleh Pak Dokter. Mama percaya dengan perawat tadi, Nak. Kalau ada orang yang memberi apapun kepada kamu dan kita tidak mengenal atau Mama tidak percaya pada orang itu, jangan diambil ya, Sayang.”



 

Teman Anda pertama kalinya mengunjungi Anda dan ingin memeluk Si Kecil
Ini adalah awal Si Kecil mempelajari tentang batasan-batasan diri. Jika ia tampak tidak nyaman dan kelihatan enggan dipeluk, walaupun itu oleh keluarganya sendiri, Anda harus menghargai keinginannya. Katakan pada tamu Anda secara halus kalau Si Kecil sedang tidak ingin dipeluk.

 

Saat berada di pesta, Si Kecil tidak ingin turun dari pangkuan Anda
Jika Si Kecil memilih menempel pada Anda saat ia merasa tidak nyaman di sebuah acara, jangan memarahinya karena itu adalah hal yang normal. Baginya, Anda membuatnya merasa aman saat berada di tengah-tengah banyak orang asing. Katakan padanya, ”Tidak apa-apa kok, Sayang. Mama tahu orang-orang di sini membuat kamu takut, ya?” Biarkan dirinya mencari tahu batasan diri sendiri untuk berbaur dengan orang yang tidak dikenal dan apa saja yang membuatnya merasa tidak nyaman. (Sagar/DT/Dok. Freedigitalphotos)



Tags: anak,   orangtua,   orang_asing