Mother&Baby Indonesia
Keseimbangan Bayi Usia 9-12 Bulan

Keseimbangan Bayi Usia 9-12 Bulan

Rata-rata bayi mulai menarik perabotan rumah dan menjelajahi rumah sambil berpegangan di usia 9 bulan. Sedangkan di usia 10 bulan, ia mulai belajar berdiri sendiri tanpa berpegangan selama beberapa detik.

 

”Umumnya bayi mulai berjalan di usia 12-14 bulan. Pada awalnya mereka tidak bisa menyeimbangkan tubuhnya dan mengkoordinasikan semuanya,” ujar Dr. Jennifer Shu, pediatrik asal Atlanta, Georgia, AS. Si Kecil akan mulai berjalan dengan berpegangan pada sesuatu agar seimbang. Kakinya terbuka lebar dan bagian kakinya mengarah ke luar. Ketika Si Kecil sudah mulai berani dan lebih seimbang, Dr. Shu menyarankan supaya Anda selalu berada di dekatnya dan siap membantu kalau ia merasa kesulitan atau ingin jatuh.



 

Dilansir melalui Babyzone, ada beberapa tip dari buku The Wonder Years karangan Tanya Rember Altman yang bisa Anda ikuti:
1.Taruh mainan di atas meja yang cukup rendah dan semangati Si Kecil untuk berdiri sendiri dan mengambilnya.
2.Saat Si Kecil mampu berdiri agak lama, taruh mainan seperti puzzle supaya ia fokus bermain dan tidak mengetahui kalau ia sedang berlatih berdiri lebih lama.
3.Bantu ia berdiri dengan tangan Anda lalu secara perlahan lepaskan tangannya dan menjauh. Bila Si Kecil sudah siap, ia akan menghampiri Anda.



 

Dr. Shu menyebutkan setiap bayi mengalami tumbuh-kembang yang berbeda-beda, namun jika ia 2 bulan lebih lambat dari bimbingan milestone, Anda perlu berkonsultasi pada dokter untuk meyakinkan apakah Si Kecil memiliki masalah tumbuh-kembang. Sementara itu, nikmati masa-masa Si Kecil belajar berjalan sebanyak mungkin sebab tidak lama lagi Anda akan sibuk mengejar kaki-kaki kecilnya berlarian! (Sagar/DT/Dok. M&B)



Tags: bayi,   milestone,   keseimbangan,   perkembangan,   berdiri,   berjalan










Cover Mei-Juni-Juli 2020