Mother&Baby Indonesia
Ajari Si Kecil Ucapkan

Ajari Si Kecil Ucapkan 'Terima Kasih' dan 'Tolong'

Beberapa bayi sudah bisa meniru ucapan 'terima kasih' dan 'tolong' saat berusia 12 bulan, walaupun masih tidak jelas atau sekedar gumaman belaka. Tetapi jangan berharap Si Kecil akan mengucapkannya setiap saat, sebab ia masih belum menganggap penting kedua kata tersebut. Itulah mengapa, Anda perlu melatih dan mengingatkannya.

 

Dilansir dari Babycenter, saat Si Kecil sudah mulai bisa bicara, sebaiknya segera ajarkan kata 'tolong' dan 'terima kasih'. Misalnya waktu ia memberikan sesuatu kepada Anda, katakan "Terima kasih ya, Nak," supaya ia terbiasa mendengarnya. Perlahan, saat Anda memberikan sesuatu kepadanya, ia pun akan meniru ucapan tersebut.



 



Anda juga bisa melatih Si Kecil mengucapkan kata 'tolong' bila ia menginginkan sesuatu dengan cara mengulang permintaannya sembari menambahkan kata tersebut. Contohnya, saat ia meminta susu dan mengucapkan “Susu!“, ulangi perkataannya, “Tolong susu, Ma.“ Satu hal yang perlu diingat adalah Anda harus konsisten memintanya mengucapkan kata 'tolong' saat ia meminta sesuatu kepada Anda. (Sagar/DC/Dok. M&B)



Tags: bayi,   orangtua,   bahasa,   perkembangan,   tumbuh_kembang










Cover Mei-Juni-Juli 2020