Mother&Baby Indonesia
Fakta Menakjubkan Tentang Newborn

Fakta Menakjubkan Tentang Newborn

Tanda lahir di kulitnya

Tanda lahir umumnya muncul di kulit bayi Anda dengan berbagai macam bentuk, ukuran, dan warna. “Ini terjadi karena pembuluh darah kecil di bawah kulit akan melebar saat ia dilahirkan. Ada tanda lahir yang baru akan muncul beberapa hari atau beberapa minggu setelah kelahiran, namun ada juga yang langsung hilang dengan sendirinya,“ ujar pediatrik Dr Martin Ward Platt.


Angka ajaib...

20-38 sentimeter. Ya, Si Kecil masih memiliki pandangan yang kabur saat melihat dunia, kendati demikian ia bisa menangkap objek pada jarak 20-38 sentimeter. Terutama wajah Anda jika cukup dekat dengannya.


Newborn memiliki banyak refleks

Bayi yang baru lahir sudah memiliki sekitar 70 jenis refleks pada anggota tubuhnya, seperti mengisap, menggenggam, dan melangkah. Jika Anda mendirikan bayi, secara refleks kakinya akan melompat-lompat seolah melangkah. Ia memang belum mengerti caranya berjalan, meski begitu ia sudah dibekali pengetahuan cara melangkah saat ia dilahirkan. Ia pun sudah dibekali refleks kejut sebagai respons natural dari suara yang bising, bergerak, atau merasakan sesuatu terjatuh.


Ia ingat playlist Anda

Berdasarkan penelitian dari University of Helsinki, Finlandia, bayi bisa mengingat dengan baik lagu-lagu yang Anda mainkan saat usia kandungan mencapai 4 bulan sampai melahirkan. Jadi jangan heran kalau tiba-tiba ia mendadak tenang saat mendengarkan lagu Beyoncé.


Irama jantungnya seirama dengan Anda

Tim dari Israeli University, Israel, menemukan fakta bahwa saat ibu dan newborn saling menatap, denyut jantung mereka akan terkoordinasi setiap detiknya.


Air matanya tidak ada

Kalau diperhatikan dengan seksama, tangisan newborn hanya sekedar ratapan tanpa air mata saja lho, Moms. Hal ini disebabkan saluran air matanya belum sepenuhnya berkembang dan sementara mereka masih memproduksi kelembapan untuk menyehatkan mata, mereka belum akan 'benar-benar' menangis dalam beberapa minggu.


Tidak hanya lucu dan menggemaskan, newborn juga memiliki kualitas dan keterampilan yang sangat impresif. Yuk, cari tahu apa saja fakta tentang bayi mungil Anda seperti dilansir dari M&B UK! (Sagar/DC/Dok. M&B UK)





Tags: bayi,   newborn,   ibu










Cover April 2020