Mother&Baby Indonesia
Saat Si Bayi Sudah Memiliki Rutinitas Tidur

Saat Si Bayi Sudah Memiliki Rutinitas Tidur

Menginjak usia 6-9 bulan, bayi akan tidur 45 menit di pagi hari dan sekitar 1,5 jam di siang hari. Ini berarti Anda punya waktu bebas 2 jam untuk mencuri tidur sebentar, meng-update status Facebook, mencari berita, mengerjakan pekerjaan, atau menelepon teman. Seiring pertumbuhannya, Si Kecil memang akan memiliki waktu tidur siang dan malam yang rutin, serta tidak sering terbangun.

 

Kendati demikian, saat waktu tidurnya tiba, jangan beranggapan Si Kecil akan berbaring, berguling sebentar, lalu terlelap. Itu hanya ada di film saja, Moms! “Para bayi tidak selalu langsung terlelap. Mereka terkadang membutuhkan waktu setidaknya 15-20 menit sebelum siap tidur,“ ujar Sharon Donaldson, seorang perawat kesehatan anak dan ahli dari M&B.



 



Dilansir dari M&B AU, Anda sebaiknya membiarkan Si Kecil menciptakan suasana nyaman untuk dirinya sendiri sebelum tidur. Jika ia masih terlihat gelisah, cobalah untuk menenangkannya dengan cara menggendong dan menepuk-nepuk tubuhnya. Saat ia sudah lebih tenang, tinggalkan kamar tidurnya. Intip sekitar 30-40 menit kemudian, untuk memeriksa apakah ia sudah terlelap atau belum. Apabila ia masih terjaga, Anda mungkin perlu menemaninya sementara waktu sampai Anda yakin ia benar-benar tidur. (Sagar/DC/Dok.M&B)



Tags: bayi,   tidur,   ibu,   orangtua










Cover April 2020