Mother&Baby Indonesia
Yoga Kurangi Stres Ibu Hamil

Yoga Kurangi Stres Ibu Hamil

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa yoga dapat membantu mengurangi risiko kecemasan dan depresi yang kerap dialami wanita hamil. Dalam studi pertama tentang efek yoga pada ibu hamil, para akademisi dari universitas Manchester dan  Newcastle meneliti 59 wanita hamil dan meminta mereka untuk mengungkapkan bagaimana keadaan emosional mereka.

 

Beberapa wanita ikut serta dalam satu sesi yoga seminggu sekali selama 8 minggu, sementara yang lainnya hanya menjalani perawatan pre-natal biasa. Hasilnya menemukan bahwa wanita yang menghadiri kelas yoga mengalami penurunan tingkat kecemasan dibandingkan dengan wanita yang tidak mengikuti kelas yoga. Bahkan, dengan hanya mengikuti satu sesi yoga, diketahui dapat mengurangi sepertiga tingkat kecemasan dan 14 persen hormon stres. Hasil penelitian tersebut dipublikasikan dalam jurnal Depression and Anxiety.



 

"Yoga menggabungkan teknik relaksasi dan pernapasan dengan gaya yang dapat disesuaikan untuk ibu hamil,” ungkap Profesor John Aplin, salah satu peneliti senior dalam studi tersebut, seperti dilansir dari sumber M&B UK (02/05).

 



Banyak wanita yang memilih untuk berlatih yoga selama kehamilan mereka, tetapi penelitian  ini merupakan laporan pertama di seluruh dunia tentang efek dari yoga antenatal terhadap suasana hati bumil.

 

"Dengan menyediakan kelas yoga, kita mungkin bisa membantu para ibu dan anak mereka menjadi lebih sehat, serta  membantu mengurangi biaya perawatan kesehatan jangka panjang," tambah Profesor John. (Aulia/dok.M&B)



Tags: ibu hamil,   kehamilan,   yoga,   wanita,  










Cover Mei-Juni-Juli 2020