Mother&Baby Indonesia
Saat Harus Tegas Kepada Si Kecil

Saat Harus Tegas Kepada Si Kecil

Anak-anak terkenal dengan kepolosan dan kelincahannya. Ia pun masih belum mengerti apakah perbuatannya baik atau tidak baik. Meski begitu, ada beberapa tingkah laku yang tidak boleh Anda biarkan begitu saja saat Si Kecil melakukannya. Ia butuh batasan dan Anda lah yang berperan mengajarkannya. Dilansir melalui M&B AU, terdapat beberapa perilaku Si Kecil yang perlu mendapatkan larangan tegas dari Anda.

 

Si Kecil Dalam Bahaya
Wajar jika Si Kecil sering melompat, berlari, memanjat, serta bereksplorasi. Namun, apabila ia akan melakukan sesuatu yang bisa membahayakan keselamatannya, segera hentikan. Anda mungkin perlu menaikkan sedikit nada suara Anda, tatap mata Si Kecil, dan larang ia melakukan itu.



 

Si Kecil Menyakiti Orang Lain
Anak berusia di bawah 3 tahun belum mengerti dan mampu melihat dari perspektif orang lain saat ia melakukan tindakan tertentu, kecuali bila Anda memberitahunya. Mereka hanya tahu bagaimana cara membuat perasaannya lebih baik saat sedang marah atau merasa frustasi. Ketika ia marah dan akan memukul atau menggigit orang lain, tahan dirinya. Katakan, “Mama tahu kamu marah, tapi dilarang memukul karena orang lain akan kesakitan.“ Jangan menyakiti Si Kecil untuk membuat ia merasakan apa yang ia lakukan, karena secara tidak langsung Anda 'menegaskan' kalau hal tersebut boleh dilakukan.



 

Si Kecil Merebut Milik Orang Lain
Anda harus melarang Si Kecil ketika ia menginginkan mainan atau makanan orang lain dan langsung merebutnya. Minta secara tegas benda yang direbutnya, lalu kembalikan kepada pemiliknya. Setelah itu, tawarkan kepada Si Kecil benda yang lain dan jelaskan bahwa apa yang ia lakukan akan membuat orang lain sedih. Kalau ia memang menginginkan benda yang dimiliki orang lain, ajari untuk memintanya dengan baik. (Sagar/DC/Dok. M&B)



Tags: anak,   orangtua,   disiplin










Cover Mei-Juni-Juli 2020