Mother&Baby Indonesia
Perkembangan Kepala Bayi di Awal Kelahirannya

Perkembangan Kepala Bayi di Awal Kelahirannya

Saat masih di dalam kandungan, tengkorak kepala Si Kecil belum terangkai dengan sempurna. Namun, bagian tersebut dilapisi dengan membran yang kuat. Dilansir dari M&B AU, hal tersebut terjadi supaya kepala bayi dapat menyesuaikan dengan jalur lahir dan memudahkannya keluar dari rahim Sang Ibu saat proses persalinan.

 

Karena belum terangkai sempurna, tulang di kepalanya akan tumpang-tindih dan Anda pun dapat merasakan tonjolan di bagian bawah kepalanya. Setelah 24-72 jam pasca kelahiran, kepala Si Kecil akan membulat dan 6 minggu kemudian, bentuknya akan semakin normal. Selain itu, seiring pertumbuhan dan perkembangan otak, ubun-ubun bayi pun akan mengeras. Bagian segitiga yang lunak di belakang kepala bayi juga akan menutup dan mengeras di usia 6-8 minggu.



 



Saat dilahirkan, kepala Si Kecil terhimpit jalur lahir sehingga akan sedikit membengkak. Jika Anda menggunakan bantuan forceps atau ventouse saat persalinan, di kepalanya akan timbul memar dan bengkak yang sifatnya sementara. Apabila Anda menemukan rambut-rambut halus di bagian kepala dan tubuhnya, jangan panik ya, Moms! Rambut-rambut halus yang dikenal dengan nama Ianugo ini memang sudah tumbuh di tubuh Si Kecil sejak ia di dalam rahim dan akan hilang dengan sendirinya beberapa minggu setelah kelahiran. (Sagar/DC/Dok. M&B)



Tags: bayi,   kepala,   tumbuh_kembang,   tulang,   kelahiran








Cover September 2019

Related Article