Mother&Baby Indonesia
Pentingnya Hubungan yang Dekat dengan Si Kecil

Pentingnya Hubungan yang Dekat dengan Si Kecil

Ketika pertama kali lahir ke dunia, Si Kecil sudah siap memberitahu Anda apa yang ia butuhkan. Dan seiring Anda belajar, mengenali, serta memenuhi kebutuhannya, Anda pun mengajari Si Kecil tentang dunia di sekitarnya. Proses belajar 2 arah ini tidak dapat dibangun hanya dalam waktu semalam. Dan ini adalah salah satu hal yang penting dalam kehidupan Anda dan Si Kecil.

 

Dilansir melalui Babycenter, berdasarkan bukti-bukti ilmiah yang ada, bayi dengan orangtua atau pengasuh yang responsif selama tahun pertamanya memiliki kemampuan untuk mengelola stres lebih kuat, membentuk hubungan lebih sehat, memiliki nilai yang lebih baik di sekolah, serta lebih menikmati hidupnya. Secara keseluruhan, mereka memiliki kesempatan lebih besar untuk mendapatkan kehidupan yang seimbang dan memuaskan. Namun, bukan berarti anak adopsi atau anak yang orangtuanya bercerai atau bekerja akan memiliki kualitas hidup yang tidak baik. Mereka tetap mampu mendapatkan kesempatan yang sama asal orangtua tetap berusaha selalu mendekatkan hubungan antara dirinya dengan Sang Anak.



 

Mungkin ada sebagian orangtua yang takut bayi akan menjadi manja karena selalu diperhatikan oleh orang-orang di sekitarnya. Kendati demikian, para ahli menyarankan untuk selalu memberikan respons kepada setiap tindakan Si Kecil. Semua bayi secara naluriah akan mendekatkan diri kepada orang-orang yang mengasuhnya, walau tidak mendapatkan respons apa pun.



 

Respons dari orang-orang yang mengasuhnya, terutama orangtua, inilah yang akan berpengaruh besar dalam kehidupan Si Kecil. Kedekatan hubungan ini adalah sumber kenyamanan dan kekuatan dasar untuknya mengeksplorasi dan bermain. Dengan fondasi emosional kepercayaan yang kuat di antara orangtua dan bayi, mereka pun tumbuh menjadi percaya diri, bisa diandalkan, serta menjadi sosok yang penyayang. (Sagar/OCH/Dok. M&B)



Tags: bayi,   orangtua,   ibu,   ayah,   respons