Mother&Baby Indonesia
Cacar Air pada Bayi

Cacar Air pada Bayi

Cacar air adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus varicella zoster, salah satu kelompok virus herpes. Penyakit ini menimbulkan ruam khas pada kulit dan gejalanya adalah flu, batuk, demam, serta hilangnya nafsu makan. Kebanyakan anak terserang cacar air saat mereka masih kecil.

 

Bayi sangat mudah tertular cacar air karena sistem imunnya belum bekerja sempurna. Tidak hanya melalui kontak langsung dengan penderita, berada di ruangan yang sama pun dapat membuat bayi tertular cacar air. Selain itu, dilansir dari Babycenter, cacar air juga dapat ditularkan oleh seseorang yang menderita penyakit herpes zoster. Saat virusnya mengenai bayi Anda, gejala cacar air akan muncul 10-21 hari setelahnya. Di tubuhnya pun akan muncul ruam yang biasanya akan mengering sekitar 5 hari.



 



Cacar air dapat menular pada rentang waktu 2 hari sebelum ruam-ruam di tubuh muncul sampai semua ruamnya mengering. Untuk itu, sebaiknya jangan mengajak Si Kecil keluar rumah saat gejala cacar air muncul hingga ruam di tubuhnya benar-benar kering dan sembuh agar tidak menulari orang lain. (Sagar/DC/Dok. M&B)



Tags: bayi,   anak,   chickenpox,   virus,   herpes








Cover September 2019

Related Article