Home - Bayi - Berita Tentang Bayi / 2 April 2014 / Redaksi

Bayi Lahir dengan Kepala Berbentuk Hati

Kelahiran bayi dengan kelainan kembali terjadi. Seorang bayi lahir dengan tumor besar di bagian sisi kanan wajahnya, sehingga kepala bayi tersebut tampak membentuk hati. Bayi malang berusia 2 minggu yang bernama Muhammad Nafi itu, memiliki pertumbuhan kepala dalam ukuran yang besar  sejak sebelum ia lahir. Saat ini, Nafi masih menjalani perawatan di RS. St. Antonius, Pontianak, Kalimantan Barat. Bayi laki-laki itu lahir dengan berat sekitar 3 kg.

 

Dilansir dari Daily Mail, orangtua bayi tersebut, Mailani, 22, dan Buasin, 32, yang bekerja sebagai petani di daerah terpencil di Kalimantan Barat, 'kelimpungan' mengumpulkan uang untuk membayar pengobatan Nafi.



 

"Saya bingung apa yang harus saya lakukan dengan anak saya. Saya hanya bisa pasrah pada nasib," ungkap Mailani. Mailani menambahkan, tidak ada masalah besar yang dialaminya selama kehamilan, selain rasa mual dari bulan ke-4 dan seterusnya. Namun, karena tempat tinggalnya jauh dari lokasi rumah sakit, Mailani hanya mengandalkan obat-obatan dari toko-toko kecil di desa sekitarnya.

 

"Awalnya, anak saya dirawat di Sukadana Kayong Utara. Lalu, ia dirujuk ke sebuah rumah sakit di Ketapang. Di sana, dokter tidak bisa berbuat banyak untuk penyakit anak saya. Karena itu, kami membawanyai ke RSUD. dr. Soedarso di Pontianak. Di rumah sakit ini, saya malah tidak mendapatkan pelayanan yang maksimal,” sesal Buasin. Tidak senang dengan perlakuan di sana, pasangan ini memindahkan Nafi ke RS. St Antonius di kota yang sama.

 

Operasi harus ditunda sampai Nafi berusia 3 bulan. Saat ini, operasi dianggap terlalu berisiko, karena tumor menyebabkan tulang tengkorak terbuka dan otak bayi sedikit keluar, begitu juga mata kanan bayi yang tertutup akibat pembengkakan. Tumor tersebut memengaruhi fungsi mata kanan Nafi. Namun, perlu dilakukan pemeriksaan lebih luas untuk melihat apakah organ-organ lainnya masih tetap bekerja secara normal.

 



"Mudah-mudahan anak saya segera sembuh. Beberapa orang telah membantu, tetapi itu belum cukup. Bahkan, belum ada bantuan apa pun dari pemerintah daerah Kayong Utara,” tambah Buasin. (Aulia/DMO/Dok. Daily Mail)

 

Baca Juga:

Bayi Lahir Dengan Gastroschisis

Bayi Lahir dari Ibu Mati Otak

Virus Zika Sebabkan Bayi Lahir Berkepala Kecil

Penyebab Pertumbuhan Janin Terhambat

Pengemudi Transportasi Berbasis Aplikasi Bantu Kelahiran

 

 


RELATED ARTICLE

Kenali Kelainan Bawaan pada Bayi

Sentuhan Orangtua Buat Bayi Tertawa

Pengetahuan di Balik Tawa Bayi

OTHER ARTICLES

Benarkah Obstetric Cholestasis Jadi Penyebab Prematur?

Waspada Hepatitis A pada Anak! Ketahui 10 Fakta Ini

Cara Tepat Mencapai Tujuan Keuangan Keluarga Anda

Ini Tanda-Tanda Bayi Kelelahan dan Cara Mengatasinya

Tips Berpuasa untuk Anda yang Menderita Asam Lambung