Home - Bayi - Berita Tentang Bayi / 1 April 2014 / Redaksi

Sentuhan Orangtua Buat Bayi Tertawa

Tahukah Anda bahwa senyum dan tawa bayi menandakan ia menyukai apa yang Anda lakukan dan ingin Anda terus melakukannya? Ya, itulah faktanya, seperti yang diungkapkan oleh salah satu ilmuwan asal London Birkbeck University, Dr. Caspar Addyman. “Menangis adalah tanda bahwa bayi merasa tidak nyaman dengan situasi atau kondisi yang sedang dirasakannya dan ingin orang-orang di sekitarnya menghentikan kondisi tersebut. Sementara, senyum ataupun tertawa adalah bentuk sebaliknya, yaitu bayi ingin Anda terus melakukan hal tersebut,“ ujarnya.

 

Mitos yang berkembang bahwa bayi tidak bisa tertawa sampai ia sudah lebih besar kurang disetujui Dr. Addyman. Ini terbukti dari banyaknya foto yang ia terima dari para orangtua yang menunjukkan para bayi tertawa saat mereka digelitiki. Ia menuturkan, “Hal paling dasar yang bisa dilakukan orangtua untuk membuat bayinya tertawa adalah sentuhan, yaitu lewat gelitikan. Gelitikan merupakan hal dasar yang dilakukan oleh makhluk mamalia dalam proses merawat anak. Tidak hanya memiliki fungsi yang vital, tetapi juga menyenangkan bayi.“ Jadi, tak mengherankan bila tawa bayi dikaitkan dengan sentuhan orangtuanya.



 



“Seorang ahli bahkan pernah mengatakan, lelucon pertama yang dibuat manusia adalah menggelitik bayi lalu menunggu reaksinya. Saya rasa pernyataan ini benar, sebab bayi tidak perlu menunggu waktu lama untuk bisa merespons gelitikan lewat tawa lucunya,“ tutup Dr. Addyman, seperti dikutip dari Dailymail UK. (Sagar/DMO/Dok. M&B)

 

 


RELATED ARTICLE

Pengetahuan di Balik Tawa Bayi

Lucia, Bayi Prematur yang Bertahan Hidup

Obesitas Akibat Kebiasaan Menyusui yang Salah

OTHER ARTICLES

Nama Anak bisa Pengaruhi Kreativitas & Percaya Dirinya

Sebaiknya Waspada! Ini Bahaya Kabut Asap buat Ibu Hamil

Mata Balita Minus? Ini Penyebabnya, Moms

Nyeri saat Menyusui? Ketahui 7 Fakta Mastitis, Moms!

Teori-teori Tentang Parenting yang Tidak Ada di Buku