Mother&Baby Indonesia
Sukses Melahirkan Normal Setelah Caesar

Sukses Melahirkan Normal Setelah Caesar

Apakah seorang ibu bisa sukses menjalani persalinan normal setelah sebelumnya sempat menjalani persalinan dengan operasi Caesar atau dikenal dengan istilah vaginal birth after caesaria (VBAC) di kelahiran pertama? Mungkin pertanyaan sederhana ini pernah terpikir oleh Anda.

 



Sebuah penelitian di Inggris mengungkapkan, faktanya hampir 2/3 ibu yang sebelumnya menjalani persalinan Caesar, dapat mencoba persalinan normal dengan sukses. Dilansir M&B UK, lebih dari 63 persen ibu yang mencoba metode VBAC pada kelahiran pertama ini, berakhir dengan sukses. Studi ini melibatkan 143.970 wanita, 52 persen di antaranya sukses menjalani VBAC untuk kelahiran bayi kedua mereka, seperti dipublikasikan dalam International Journal of Obstetrics and Gynaecology.

 



Setiap tahun, 50.000 ibu di Inggris yang sebelumnya pernah menjalani persalinan Caesar, memutuskan untuk menjalani persalinan normal pada persalinan kedua mereka. Keputusan untuk menjalani VBAC memang perlu beberapa pertimbangan, seperti jenis sayatan uterus dan jarak waktu kelahiran sebelumnya. Selain itu, alasan atau penyebab Anda menjalani Caesar pada  kelahiran pertama juga menentukan keberhasilan Anda untuk menjalani persalinan normal di kelahiran bayi kedua.

 

Ibu hamil yang pernah menjalani Caesar pada persalinan pertama bisa  diberikan pilihan persalinan normal untuk kelahiran bayi berikutnya, asalkan kehamilan mereka sehat dan tidak mengalami komplikasi persalinan. Jika komplikasi persalinan terjadi, berarti Anda sangat dianjurkan untuk menjalani Caesar kembali.

 

Selain itu, studi ini juga menunjukkan bahwa ibu berusia di atas 34 tahun, 10 persen lebih berisiko untuk melakukan VBAC dibandingkan ibu yang berusia di bawah 25 tahun. (Aulia/DMO/Dok. M&B)



Tags: sukses melahirkan normal setelah caesar,   persalinan,   operasi caesar,   kelahiran,   wanita,   ibu,   bayi,   m