Mother&Baby Indonesia
Tips Pemulihan Pasca-Caesar

Tips Pemulihan Pasca-Caesar

Operasi Caesar adalah operasi yang umum dilakukan bagi wanita yang melahirkan dengan cara berbantu. Mengingat penyembuhannya tidak secepat persalinan normal, Anda perlu mengikuti saran dokter Anda dalam penyembuhan pasca-persalinan Caesar. Berikut beberapa tips yang perlu Anda perhatikan saat tahap pemulihan, seperti dilansir dari M&B UK.

 

1.  Coba berbagai posisi untuk menyusui. Mungkin Anda merasa tidak nyaman untuk memulainya, karena nyeri pada jahitan Anda. Minta bantuan bidan untuk membantu Anda menemukan posisi menyusui terbaik.



 

2.  Kenakan pakaian longgar berbahan katun agar Anda merasa lebih nyaman.

 

3.  Minum lebih banyak air putih dan konsumsi makanan kaya serat, seperti buah, sayuran, dan gandum, untuk membantu mencegah sembelit.

 

4.  Cuci dan keringkan luka sayatan Anda dengan hati-hati. Sangat penting untuk menjaga kebersihan daerah tersebut, walaupun jahitan sudah dilepas. Jika Anda membersihkannya dengan menggunakan sabun, pastikan bilas bekas sabun tersebut dengan baik dan benar-benar bersih. Bersihkan dengan cara menepuk perlahan lebih baik daripada menggosok kulit Anda.



 

5.  Anda akan diberi obat penghilang rasa sakit dari dokter untuk mengatasi nyeri pasca-operasi. Anda akan membutuhkan obat tersebut untuk beberapa hari pertama setelah operasi.

 

6.  Saat berada di rumah, mintalah bantuan orang rumah, teman atau kerabat untuk membantu mobilitas Anda yang masih sulit untuk banyak bergerak. Selama beberapa hari, Anda akan kesulitan mengambil barang yang sangat berat, atau hanya sekadar mengangkat bayi Anda.

 

7.  Perhatikan tanda-tanda infeksi pada minggu-minggu pasca-Caesar Anda. Jika Anda merasakan demam, luka Anda akan menjadi lebih menyakitkan. Waspadalah jika luka Anda terlihat meradang, mengalami perdarahan atau bernanah, dan timbul rasa sakit atau tidak nyaman saat Anda buang air kecil, segera hubungi dokter Anda. (Aulia/DMO/Dok. M&B)



Tags: tips pemulihan pasca-caesar,   operasi,   caesar,   persalinan,   kelahiran,   ibu,   bayi










Cover Mei-Juni-Juli 2020