Mother&Baby Indonesia
Manfaat Antenatal Care

Manfaat Antenatal Care

Kehamilan adalah momen istimewa bagi setiap calon ibu. Trimester demi trimester kehamilan harus dikontrol dengan baik, terlebih di trimester ke-3. Di trimester ini, Anda akan mulai disibukkan dengan pemeriksaan intensif dan persiapan kelahiran bayi. Ya, periode trimester akhir merupakan salah satu periode terpenting kehamilan, sehingga Anda tak boleh melewatkan asuhan antenatal (antenatal care).

 



Asuhan antenatal adalah pemeriksaan kehamilan yang dilakukan untuk memeriksa kondisi ibu dan janin secara berkala, yang diikuti dengan upaya koreksi terhadap penyimpangan yang ditemukan. Anjuran gizi dan olahraga, serta konsultasi medis merupakan bagian yang tak terpisahkan. Asuhan antenatal yang dilakukan sesuai anjuran, akan membantu menjaga kondisi kesehatan Anda selama kehamilan, sehingga Anda lebih percaya diri menyongsong persalinan yang sehat.

 

Berikut 2 manfaat asuhan antenatal, seperti diungkapkan oleh Dr. dr. Dwiana Ocviyanti, Sp.OG(K) dari Departemen Obstetri Ginekologi FKUI/RSCM, Jakarta.

1.  Mendeteksi sedini mungkin adanya faktor risiko dan tanda-tanda awal komplikasi pada kehamilan, seperti perdarahan dan preeklampsia.



2.  Memberikan edukasi kepada para bumil seputar masalah gizi, persiapan persalinan, dan kemungkinan terjadinya komplikasi persalinan.

 

"Pemeriksaan rutin yang dilakukan hendaknya tidak berlangsung sepintas saja," tegas dr. Ocvi. Asuhan antenatal yang baik harus dapat menganalisis berat badan dan tekanan darah, serta memberi penjelasan medis yang Anda butuhkan. (Dian/SR/Dok. Thinkstock)

 

Temukan informasi lengkap tentang pentingnya trimester akhir kehamilan di majalah Mother&Baby Indonesia edisi April 2014.

 

 

 



Tags: manfaat antenatal care,   antenatal care,   asuhan antenatal,   trimester kehamilan,   trimester ketiga,   tri