Mother&Baby Indonesia
Cara Meningkatkan Hubungan dengan Mertua

Cara Meningkatkan Hubungan dengan Mertua

Sejak Anda menikah, Anda akan memiliki dua orangtua, termasuk orangtua dari pasangan. Hubungan Anda dengan mertua merupakan salah satu hal yang tak kalah penting. Mungkin di antara Anda ada yang pernah merasakan konflik dengan Sang Mertua, tak hanya dengan pasangan Anda. Jika sudah begitu, komentar 'pedas' dari mertua pun dapat membekas di hati.

 

Hubungan harmonis dengan mertua adalah impian setiap orang. Dilansir dari M&B UK, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk meningkatkan hubungan Anda dengan mertua, terutama ibu mertua, seperti berikut.

 

1.  Jujur
Jujur memang cara paling tepat untuk mengatasi berbagai konflik. Bicarakan saja apa pun masalah yang mengganjal di hati Anda. Namun, seperti halnya berbicara pada orangtua, Anda perlu stratergi berbicara yang lebih baik. Bahkan, terhadap masalah yang sepele sekali pun.

 

2.  Saling mengerti
Terkadang, perkataan orangtua bisa membuat Anda tersinggung. Namun, coba mengertilah, mungkin alasan ibu mertua melarang Anda menonton televisi, karena ia terlalu mengkhawatirkan jabang bayi Anda. Cobalah mengerti pola pikir orangtua Anda, mungkin saja semua sikap kerasnya beralasan, karena ia ingin membantu Anda. Msalnya, ia menyarankan cara yang lebih baik untuk menyusui bayi Anda, atau tidak membiarkan anak Anda terlalu banyak menonton televisi. Hal ini mungkin membuat frustrasi, tetapi ibu mertua Anda hanya berusaha untuk membantu. Tetap tunjukkan rasa hormat
pada niat baiknya, dan beri tanggapan positif pada setiap nasihatnya.

 

3.  Tentukan batasan
Jika Anda merasa terganggu dengan beberapa aturan dasar yang ditetapkannya dan terlalu banyak mengatur Anda, jelaskan baik-baik alasan Anda. Katakan kepadanya bahwa Anda menghargai aturan dan niat baiknya, tetapi Anda tetap
punya prinsip dan area privasi yang juga perlu dihargai. Katakan secara baik-baik dari hati ke hati, dan hindari perkataan yang menyinggung perasaannya.

 

4.  Ciptakan  bonding
Ibu mertua Anda adalah bagian penting dari hidup Anda saat ini. Untuk mempererat hubungan Anda berdua, luangkan waktu untuk menghabiskan waktu bersama, seperti makan siang di luar, atau mengobrol bersama seputar topik favorit. Ia akan menghargai usaha Anda untuk mendekatkan diri padanya.

 

5.  Jangan minta bantuan pasangan
Meminta bantuan pasangan agar Anda lebih dekat dengan ibunya tidak akan menghilangkan kecanggungan Anda saat berbicara pada Sang Ibu Mertua. Sangat penting bagi Anda untuk membangun hubungan diri sendiri dengan ibu mertua. Ingatlah bahwa setiap hubungan, baik dengan pasangan, keluarga, atau teman-teman, memiliki pasang surut. Itulah hidup! Jadi, Anda hanya perlu mencoba untuk membangun ikatan yang positif sebatas kemampuan Anda. (Aulia/DMO/Dok. M&B)



Tags: cara meningkatkan hubungan dengan mertua,   wanita,   ibu,   orangtua,   relationship,   bonding,   mertua,   ibu










Cover Mei-Juni-Juli 2020