Mother&Baby Indonesia
Child Safety 3: Aman Saat di Mal atau Playground

Child Safety 3: Aman Saat di Mal atau Playground

Children Safety: Aman Saat di Mal atau Playground

Ada 2 hal penting yang harus Anda perhatikan saat membicarakan masalah keamanan Si Kecil di tempat umum. Yang pertama aman dari benda-benda, peralatan bermain, dan kegiatan di sekitar Si Kecil, serta yang ke-2, aman dari orang-orang di lingkungan Si Kecil berada. Bagaimana mengantisipasinya?

 



Saat di mal, Si Kecil mungkin saja terpisah dari Anda dan hilang di tengah keramaian. Sebelum ini terjadi, ajari Si Kecil identitasnya: nama, usia, nama orangtua, dan alamat rumah. Ajari Si Kecil untuk mengenali orang yang mungkin bisa dimintai pertolongan, kenalkan profesi orang yang bisa dipercayainya untuk membantunya: satpam dan petugas toko yang berseragam.

 

Di mal, mungkin saja Si Kecil mengalami kecelakaan: terjepit atau terjatuh di eskalator, terjebak sendirian di lift, jatuh dari tangga atau troli belanja, dan kecelakaan-kecelakaan lainnya. Anda bisa menghindarinya dengan mendampingi dan mengawasi Si Kecil di area-area berbahaya itu.

 

Saat naik eskalator atau lift, pegang erat tangan Si Kecil. Pastikan ia berdiri mantap di area aman. Pastikan juga alas kaki atau pakaian Si Kecil aman. Periksa tali sepatu sebelum memakai eskalator agar terhindar dari kecelakaan karena tali sepatu yang terjerat di roda pemutar. Alas kaki antilicin ini memang baik untuk menghindari terpeleset, tetapi beberapa kecelakaan di eskalator disebabkan oleh alas kaki yang terlalu melekat di lantainya.

 

Displai barang di rak toko pun bisa menjadi sumber ketidakamanan. Pastikan Si Kecil tidak menyentuh displai sembarangan. Bawakan Si Kecil mainan atau buku kesayangannya sehingga ia memiliki kesibukan saat Anda berbelanja.

 



Berbeda dengan di mal, di playground seringkali terjadi kecelakaan karena jatuh. Untuk menghindari masalah di area bermain pastikan:

-          Si Kecil selalu di bawah pengawasan Anda.

-          Tempat bermain yang Anda tuju memiliki permukaan yang bersih dan empuk, misalnya diberi alas karpet karet atau pasir lembut.

-          Si Kecil memakai pakaian yang pas untuk bermain.

-          Ajarkan pula agar ia tidak mencelakai teman sepermainannya seperti mendorong atau berkelahi dengan mereka.

(Sandra/www.safekids.org/Dok.M&B)

 

Bagaimana langkah agar Si Kecil aman di sekolah? Klik di sini.



Tags: child safety,   aman di mall,   aman di playground










Cover April 2020