Mother&Baby Indonesia
Selamat Tinggal, Bad Mood!

Selamat Tinggal, Bad Mood!

Tidak ada yang lebih menyebalkan dari merasakan bad mood, entah itu karena Anda bertengkar dengan pasangan, terlambat ke kantor, atau baju kesayangan Anda rusak terkena noda makanan. Bila sudah seperti itu, seharian Anda pasti akan mudah marah, selalu menggerutu, serta menganggap semua orang menyebalkan. Berita baiknya adalah menurut para ahli Anda bisa menghilangkan bad mood melalui banyak cara! Dilansir dari US News, berikut ke-8 cara tersebut.

 



1. Mendengar musik
Putarlah lagu-lagu favorit Anda! Selain itu, Anda pun bisa mencoba mendengarkan musik klasik. Menurut sebuah penelitian, dengan mendengarkan musik klasik selama 10 menit akan memperbaiki mood dan menurunkan tekanan darah, debaran jantung, serta tingkat hormon stres cortisol.

 

2. Lampiaskan rasa kesal
Berikan waktu sekitar 20 menit untuk mengekspresikan perasaan Anda, misalnya dengan cara merobek-robek kertas atau memukul bantal. Meski kedengarannya sedikit brutal, tidak apa-apa. Yang penting Anda melakukannya dengan cara yang aman dan tidak menyakiti diri sendiri maupun orang lain.

 

3. Lakukan aktivitas fisik
Pengarang buku best-seller “The Happiness Project”, Gretchen Rubin, menyebutkan mood yang baik sangat berkaitan erat dengan tenaga. Naik-turun tangga, melompat-lompat, atau berjalan cepat merupakan beberapa aktivitas fisik yang membutuhkan banyak energi sehingga membuat mood Anda akan menjadi lebih baik.



 

4. Menikmati aroma favorit
Rubin menyebutkan aroma favorit Anda bisa menjadi penghilang bad mood dan stres tanpa memakan biaya, waktu, atau tenaga. “Wangi buah anggur, sebotol vanilla, atau wangi aroma kopi di coffee shop akan membuat Anda tenang,” ujarnya.

 

5. Mengobrol dengan seseorang
Kita tahu jika Anda sedang merasa sedih, Anda pasti ingin berbaring di atas sofa sambil menonton televisi. Namun, berbicara kepada seseorang terhitung mampu memperbaiki mood Anda. Cobalah untuk mengobrol atau menelepon seseorang selama beberapa menit supaya Anda merasa lebih baik.

 

6. Merasakan sinar matahari
Anggapan mengenai matahari akan mencerahkan mood Anda bisa jadi benar. Rubin menuturkan menghabiskan waktu di luar ruangan dan menikmati hangatnya sinar matahari beberapa saat akan meningkatkan fokus serta energi Anda.

 

7. Bersih-bersih
Bersih-bersih ternyata merupakan salah satu aktivitas yang dapat berkontribusi untuk menenangkan diri Anda. Jadi, bila Anda sedang bad mood, luangkan waktu untuk membersihkan meja kerja, lemari, atau dapur.

 

8. Membantu orang lain
Saat Anda bad mood dan semuanya terasa menyebalkan, cobalah untuk membantu orang lain yang sedang kesulitan. Saat melakukan hal tersebut, posisikan diri sebagai mereka lalu pikirkan kalau kesusahan Anda jauh lebih ringan dibandingkan apa yang sedang mereka alami. (Sagar/OCH/Dok. M&B)



Tags: mood,   senang,   bad mood,   tips,   aktivitas fisik