Mother&Baby Indonesia
Tip Wisata Sehat ke Luar Negeri

Tip Wisata Sehat ke Luar Negeri

Berwisata ke luar negeri memang menjadi momen yang menyenangkan bagi setiap orang. Namun, perubahan cuaca, iklim, dan waktu, seringkali mengakibatkan munculnya berbagai penyakit. Hal tersebut tentu akan mengganggu liburan Anda. Karena itu, sebelum berlibur, Anda perlu memiliki beberapa persiapan. Dr. dr. Iris Rengganis, Sp.PD., dari Divisi Alergi Imunologi Klinik, FKUI RSCM berbagi tips yang perlu Anda perhatikan sebelum melakukan wisata agar Anda bisa lebih mempersiapkan fisik Anda.

 





1. Buat survei tentang negara yang akan dikunjungi.
2. Cari informasi penting tentang negara tujuan, seperti aturan dan larangan, musim, bahasa, dan penyakit menular yang sering diderita oleh penduduk setempat dan wisatawan di negara tujuan.
3. Ketahui lokasi apa saja yang menarik untuk dikunjungi, seperti tempat penginapan, harga dan transportasi umum yang dapat digunakan di sana.
4. Pastikan negara tersebut tidak termasuk dalam daftar negara travel warning.
5. Pastikan masa berlaku paspor Anda
6. Bekali diri dengan asuransi perjalanan dan kesehatan yang memadai. Jika memungkinkan, miliki asuransi yang mencakup perlindungan dari penyakit, kecelakaan, kerusakan, dan lain-lain.
7. Lakukan vaksinasi sebagai pencegahan primer terjadinya penyebaran penyakit terhadap wisatawan. Beberapa vaksin yang tersedia, seperti meningitis, influenza, thypoid, hepatitis A, dan yellow fever. Vaksinasi dilakukan 10-14 hari sebelum melakukan perjalan.
8. Sebelum meninggalkan tanah air, perhatikan asupan nutrisi dengan lebih banyak mengonsumsi buah dan sayuran.
9. Jaga gizi seimbang antara asupan protein, karbohidrat, sayuran hijau, dan buah-buahan segar. Buah dan sayur dapat memasok tubuh dan antioksidan bioflafonoid.
10. Jeruk lemon disebut dapat menjaga tubuh dari infeksi dan memberi perlindungan terhadap kuman-kuman penyakit. (Aulia/OCH/dok.freedigitalphotos)



Tags: wisata,   sehat,   orangtua,   anak,   ibu,   penyakit