Mother&Baby Indonesia
Herpes Tidak Ditularkan Melalui Toilet Umum

Herpes Tidak Ditularkan Melalui Toilet Umum

Meski selalu dibersihkan dan dalam kondisi terawat, masih banyak orang yang ketakutan menggunakan toilet umum karena dinilai sebagai tempat bersarangnya kuman penyakit. Apalagi ada mitos yang berkembang bahwa penyakit kelamin, seperti herpes genital dapat ditularkan melalui media toilet umum. Kendati demikian Anda tidak perlu khawatir karena itu hanyalah mitos belaka.

 

Seperti diungkapkan oleh James M. Steckelberg, M.D melalui Mayoclinic, penyakit herpes genital merupakan salah satu penyakit sexually transmitted infection (STI) yang ditularkan dari kontak langsung kulit ke kulit. Pada hampir seluruh kasus, virus herpes ini masuk ke dalam tubuh Anda melalui luka pada kulit atau air mata.



 



Sebenarnya seseorang bisa mengidap herpes genital selama bertahun-tahun tanpa ia sadari. Virus ini akan tetap berbiak meskipun orang yang terinfeksi tidak menunjukkan tanda-tanda herpes di area genitalnya sama sekali. Karena virus ini cepat mati jika berada di luar tubuh, maka sangat kecil kemungkinan seseorang dapat terinfeksi herpes genital melalui toilet umum, handuk, atau benda-benda lain yang digunakan oleh penderita. (Sagar/OCH/Dok. M&B)



Tags: herpes,   herpes genital,   sti,   toilet,   toilet umum,   virus








Cover Januari - Februari 2020