Mother&Baby Indonesia
Bermain Ponsel Perburuk Postur Tubuh

Bermain Ponsel Perburuk Postur Tubuh

Anda gemar menggunakan ponsel dan berkirim pesan dalam jangka waktu yang lama? Sebaiknya hati-hati, sebab berdasarkan penelitian terbaru, hal tersebut dapat memperpendek usia Anda. Pasalnya, para ahli chiropractic percaya pembungkukkan postur tubuh akibat bermain ponsel atau tablet dapat menyebabkan masalah pada pernapasan dan jantung, serta meningkatkan risiko kematian di usia yang lebih tua.

 

Studi yang dikeluarkan oleh UK United Chiropractic Association (UCA) ini mengungkapkan ketika seseorang menundukkan kepala dan melengkungkan bahunya saat menatap layar ponsel atau tablet membuat ia kesulitan untuk bernapas dengan baik karena adanya pembatasan kerja otot. Sebagai tambahan, tulang rusuk tidak dapat bergerak leluasa sehingga efektivitas fungsi jantung dan paru-paru pun tidak lancar. Mirisnya, orang-orang tidak tahu apa yang mereka lakukan dapat berdampak serius bagi kehidupan mereka.



 



Dilansir melalui Dailymail UK, UCA merekomendasikan untuk memperbaiki postur tubuh saat bermain ponsel atau tablet. “Postur tubuh adalah faktor yang sering diabaikan oleh kita. Padahal itu tidak hanya sekadar masalah penampilan saja, namun juga penting bagi kesehatan. Dan berita baiknya adalah masalah-masalah tersebut tidak perlu terjadi jika kita bisa mengaturnya. Kita dapat mengubah kebiasaan, seperti batasi waktu bermain gadget dan sejajarkan letaknya dengan mata supaya tidak perlu menunduk,“ ujar seorang putney chiropractor, Edwina Waddel. (Sagar/OCH/Dok. M&B)



Tags: postur tubuh,   tubuh,   hp,   tablet,   ponsel,   membungkuk,   jantung,   pernapasan,   otot,   tulang










Cover Mei-Juni-Juli 2020