Mother&Baby Indonesia
Tidur Memperkuat Ingatan

Tidur Memperkuat Ingatan

Sebuah studi baru-baru ini menyebutkan bahwa tidur dapat membantu memperkuat ingatan kita. Penelitian yang dilakukan terhadap objek tikus ini menunjukkan kalau tikus lebih mengingat sebuah bau tertentu bila mereka mencium baunya saat tidur, daripada tikus-tikus yang menciumnya ketika sedang terjaga.

 

“Penemuan ini mengonfirmasi betapa pentingnya aktivitas otak selama tidur, baik untuk memperkuat memori maupun ketepatannya. Analisisnya, apa yang terjadi saat tidur adalah neuron-neuron di dalam otak saling berkomunikasi satu sama lain dan memperkuat koneksi mereka, sehingga mampu membentuk sebuah informasi secara lebih spesifik,“ ujar Donald Wilson, Ph.D., dari NYU Langone Medical Center and Nathan Institute for Psychiatric Research, AS.



 



Dilansir melalui Huffingtonpost, ini bukan pertama kalinya para ahli menyatakan tidur dapat membantu memperkuat ingatan seseorang. Sebuah studi kecil dalam jurnal Science pernah mempublikasikan orang-orang jauh lebih baik saat mengikuti tes ingatan setelah tidur sebentar. Akan tetapi, dalam studi tersebut hanya dijelaskan tidur memperkuat ingatan yang sudah ada sebelumnya dan belum diketahui kalau Anda pun bisa mempelajari sesuatu yang baru saat sedang tertidur. (Sagar/DMO/Dok. M&B)



Tags: tidur,   otak,   ingatan,   memori








Cover Maret 2020