Mother&Baby Indonesia
Komunikasi, Cara Terbaik Melindungi Anak

Komunikasi, Cara Terbaik Melindungi Anak

Tindakan pencegahan merupakan cara yang terbaik untuk melindungi anak-anak Anda dari kekerasan. Ada berbagai kiat yang perlu diperhatikan para orangtua untuk melindungi Si Kecil dari berbagai kekerasan, termasuk seksual, yaitu salah satunya dengan komunikasi intensif antara anak dan orangtua.

 



Dr. Seto Mulyadi, psikolog anak mengatakan, menyediakan waktu berkualitas untuk anak adalah yang terpenting. Anda juga perlu menyediakan waktu khusus untuk mendengarkan celoteh serta keluh kesah anak setiap hari untuk memahami apa yang terjadi dengan mereka. “Kalau bisa, jangan hanya menanyakan hal-hal yang bersifat akademis di sekolah saja. Jangan lupa tentang perasaan anak, misalnya apakah ia senang atau tidak di sekolah. Perhatikan pula perubahan dan keadaan psikis anak. Sesungguhnya ibu adalah psikolog yang terbaik di dunia, karena para ibu memiliki intuisi dan feeling. Jadi, komunikasi yang efektif sangat diperlukan,” ungkap pria yang akrab disapa 'Kak Seto', siang (25/04) tadi.



 

Ia juga menambahkan, kebiasaan mendongeng dapat melatih komunikasi yang efektif dengan anak. Seorang ibu harus benar-benar jadi sahabat untuk anak-anaknya. “Buat diri Anda menjadi orang yang paling dipercaya anak-anak untuk menceritakan banyak hal. Bangun juga komunikasi yang positif dan terbuka dalam keluarga. Ciptakan pula suasana yang demokratis. Jadi, tidak ada tindak kekerasan, bahkan dengan membentak sekali pun,” tutupnya. (Aulia/dok.M&B)



Tags: anak,   orangtua,   ibu,   psikologi,   kekerasan,