Mother&Baby Indonesia
Child Safety 1: Bangun Lingkungan yang Aman untuk Anak

Child Safety 1: Bangun Lingkungan yang Aman untuk Anak

Maraknya tindakan kriminal yang menimpa anak-anak tentu membuat para orangtua cemas. Rasa was-was saat Si Kecil berada di luar rumah, ternyata juga dapat membentuk rasa tidak aman baginya. Itulah sebabnya, tetap diperlukan dukungan dari masyarakat sekitar dan orang dewasa lainnya demi tercipta lingkungan yang aman bagi anak-anak. Ada beberapa tip yang dapat Anda lakukan, seperti dilansir dari sumber Committee for Children berikut.

 

1. Kasih sayang dan perhatian yang positif.
Semua anak membutuhkan kehangatan dan perhatian. Dengan memberikan hal tersebut, Anda akan membentuk dasar kepercayaan yang kuat dalam keluarga Anda.



 

2. Metode Komunikasi yang terbuka.
Kebiasaan berbicara secara terbuka dan jujur dalam keluarga Anda akan membantu anak-anak merasa aman, dan memungkinkan mereka untuk berbicara dengan Anda tentang masalah apa pun. Selain mendukung perkembangan emosi Si Kecil, cara ini juga akan mengajarkan Si Kecil untuk mengekspresikan perasaan dan kekhawatiran mereka. Anak-anak Anda akan melihat bahwa setiap orang dalam keluarga perlu berbicara satu sama lain, bahkan tentang hal-hal yang serius dan penting, tanpa ada argumen atau perkelahian. Jika anak-anak berpikir bahwa orang dewasa lebih mudah marah, mereka tidak akan jujur pada Anda.

 

3. Mengenali lingkungan anak Anda.
Selain mengetahui keberadaan anak Anda setiap saat, pastikan pula Anda tahu dan mempercayai orang-orang yang bersama Si Kecil saat di luar pengawasan Anda, serta mengenal keluarga teman dari anak-anak Anda.



 

4. Kenali orang terdekat Si Kecil
Seberapa baik Anda mengenal orang-orang yang sering bersama anak-anak Anda? Luangkan waktu untuk mengamati orang yang lebih sering bersama anak Anda saat tanpa pengawasan Anda, seperti pengasuh ataupun gurunya di sekolah. Minta pendapat Si Kecil tentang orang tersebut, dan apa yang terjadi ketika mereka bersama-sama. Perhatikan pula jika seseorang sering memberikan hadiah pada anak Anda, dengan tiba-tiba, atau tanpa alasan tertentu. Perhatikan pula respons anak Anda kepada orang-orang yang menghabiskan waktu bersama anak-anak anda, apakah Si Kecil terlihat ketakutan dan menyembunyikan sesuatu. (Aulia/OCH/dok.M&B)

 

Bagaimana agar Si Kecil aman di area umum? Klik Child Safety 2 dan Child Safety 3.



Tags: anak,   orangtua,   ibu,  










Cover Mei-Juni-Juli 2020