Mother&Baby Indonesia
Bantu Anak Memahami Gender

Bantu Anak Memahami Gender

Anak-anak sangat memperhatikan perbedaan antara pria dan wanita dalam keseharian mereka lalu memberikan ekspektasi berdasarkan apa yang mereka lihat. Sebagai contoh, bila seorang anak melihat ibunya terbiasa minum kopi dan ayahnya lebih menyukai minum teh, saat ia melihat seorang pria dewasa lain minum kopi, ia akan sangat terkejut. Ini menunjukkan betapa penting bagi Anda dan pasangan untuk mengingat apa yang anak lihat dan perhatikan.

 

Saat ini, zaman sudah berubah dan sebuah pekerjan atau tanggung jawab tidak lagi ditentukan berdasarkan gender, yaitu apakah itu tanggung jawab seorang pria atau wanita. Kunci untuk membantu Si Kecil berkembang menjadi lebih terbuka soal gender adalah dengan menunjukkan kepadanya bahwa orang-orang yang bekerja 'tidak sesuai' dengan gendernya tetap harus diberikan komentar positif, misalnya perawat laki-laki atau polisi wanita. “Pria itu mungkin ingin menjadi perawat, karena ingin merawat orang lain,“ atau “Wanita itu menjadi polisi untuk melindungi kita bila ada penjahat,“ tutur Anda.



 



Selain itu, seperti dilansir melalui Babycenter, Anda juga bisa bermain peran bersama Si Kecil di rumah dan melakoni pekerjaan yang menurutnya bukan tugas seorang wanita. Lewat buku, acara televisi, dan film yang memperlihatkan wanita dan pria dengan beragam pekerjaan pun akan membantu Si Kecil tidak mengotak-ngotakkan sebuah pekerjaan berdasarkan gender. (Sagar/DMO/Dok.  M&B)



Tags: bantu anak memahami gender,   anak,   gender,   pria,   wanita,   laki-laki,   perempuan,   pekerjaan,   tanggung ja








Cover Maret 2020