Mother&Baby Indonesia
Pesta Ulang Tahun Pertama

Pesta Ulang Tahun Pertama

Tanpa terasa, akhirnya Si Kecil akan menginjak usia 1 tahun. Anda tentu merasa senang dan bersemangat ingin merayakan ulang tahun pertamanya. Kendati demikian, Anda tidak perlu membuat acara yang terlalu mewah dan menghabiskan banyak biaya. Si Kecil tetap akan senang dan menghargai acara sederhana yang Anda buat untuknya. Dilansir melalui Babycenter, ada 7 hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda berencana membuat pesta ulang tahun Si Kecil.

 

1.  Siapa saja tamu undangan
Ini adalah hari spesial Si Kecil. Oleh karena itu, sebaiknya selama acara berlangsung, semua orang terfokus kepadanya. Pada usia 1 tahun, Si Kecil masih memiliki lingkungan sosial yang kecil dan intim. Ia akan ketakutan bila Anda mengundang banyak orang yang tidak ia kenal. Sebaiknya, rayakan ulang tahunnya dengan mengundang keluarga dan teman-teman terdekat saja.



 

2.  Tempat mengadakan acara
Anak biasanya akan sedikit ketakutan jika orangtua mengajaknya ke tempat yang tidak familiar. Baginya, rumah adalah tempat yang paling aman. Karena itu, perayaan acara ulang tahun Si Kecil sebaiknya dilakukan di rumah saja. Agar tidak terlalu biasa dan membuat Si Kecil semakin senang, Anda bisa mendekorasi ruangan tempat acara berlangsung menjadi lebih meriah.

 

3.  Waktu yang tepat
Jangan sampai Anda melupakan kebutuhan tidur siang Si Kecil. Jika ia lelah dan mengantuk sepanjang acara, ia malah akan menjadi rewel dan tidak menikmati pesta barunya. Anda pun perlu bertanya jam tidur siang anak-anak yang Anda undang kepada orangtuanya. Karena, bila salah satu dari mereka mulai rewel, yang lain pun akan langsung ikut rewel. Adakan acara ulang tahun Si Kecil setelah ia tidur siang dan jangan dibuat terlalu lama. Satu jam saja sudah cukup untuk anak-anak seusia mereka.

 

4.  Sesuaikan isi acara dengan usia
Lupakan memutarkan lagu dengan volume keras serta mendekorasi ruangan dengan balon warna-warni. Suara lagu yang keras dan bunyi pecahan balon yang kencang dapat menakutkan Si Kecil. Demikian pula dengan sisa pecahan balon yang tergeletak di lantai dapat tanpa sengaja tertelan oleh Si Kecil dan bayi lainnya.



 

5.  Putarkan lagu dengan volume sesuai
Anda bisa memutarkan lagu anak-anak dengan volume suara yang tidak terlalu besar dan pilih lagu-lagu yang tidak terlalu bising supaya tidak membuatnya ketakutan. Selain itu, adakan game-game kecil yang tidak terlalu rumit, misalnya meminta para anak mencari mainan yang sudah Anda sembunyikan di dalam sebuah kotak besar yang ditutupi bola-bola plastik.

 

6.  Makanan yang perlu disiapkan
Sajikan makanan yang simpel saja, karena pasti makanan-makanan itu hanya akan berserakan di lantai. Makanan yang dapat digenggam adalah pilihan terbaik bagi Si Kecil dan 'tamu-tamu kecilnya' supaya mereka dapat tetap menikmati sajian makanan tanpa mengganggu waktu bermain. Sediakan juga susu, air putih, dan jus buah agar mereka tidak dehidrasi saat asyik bermain.

Umumnya, Si Kecil dan teman-temannya tidak akan makan terlalu banyak, sehingga ketimbang Anda menyiapkan banyak makanan, lebih baik Anda  memperhatikan variasi rasa, tekstur, dan warna makanan saja. Karena gigi beberapa anak mungkin belum tumbuh sempurna, sehingga sediakan makanan, seperti bread stick, sandwich ukuran kecil, serta biskuit favorit.

 

7.  Suvenir acara
Sebenarnya, suvenir untuk dibawa pulang teman-teman Si Kecil belum terlalu penting untuk usia mereka. Suvenir balon atau makanan-makanan manis, seperti cokelat dan permen pun kurang baik untuk dikonsumsi. Jika Anda ingin memberikan suvenir untuk dibawa pulang, berikan mainan berukuran sedang yang aman untuk semua usia atau buku cerita bergambar. (Sagar/DMO/Dok.  M&B)



Tags:  pesta ulang tahun pertama,   merayakan ulang tahun pertama anak,   ulang tahun anak,   ulang tahun,   acara hut










Cover April 2020