Mother&Baby Indonesia
Bayi Sulit Menyusu karena Lidah Terikat

Bayi Sulit Menyusu karena Lidah Terikat

Kondisi lidah terikat atau tongue tie pada bayi dapat menyebabkan masalah, terutama saat ia menyusu. Tidak hanya pada bayi yang minum ASI, Anda pun dapat mengenali kondisi ini pada bayi yang minum susu dari botol dot.

 

Dilansir M&B UK, bayi dengan lidah terikat tampaknya biasa saja saat sedang disusui, tetapi Anda akan merasa sangat kesakitan dan mengalami luka pada bagian areola puting, yang tampak berwarna keputihan. Bagian tengah ujung puting Anda juga akan berkerut seperti habis digigiti oleh Si Kecil. Tak hanya itu, biasanya pertambahan berat badan Si Bayi setiap bulan tidak cukup signifikan, karena ASI yang diasupnya sangat kurang.



 



Eleanor May-Johnson, seorang bidan asal Inggris, menyebutkan, “Saat disusui, lidah bayi Anda akan bergerak membentuk gelombang. Namun, jika ia memiliki kondisi lidah terikat, bagian kulit yang melekat di antara lidah dan dinding mulutnya akan menghentikan gerakan lidah. Jadi, lidahnya sulit menempel pada areola puting dan ia kesulitan mengisap ASI.” Sedangkan pada bayi yang minum dari botol dot, air susunya akan meleleh keluar dan ia pun lebih banyak mengisap udara. (Sagar/DMO/Dok. M&B)



Tags: bayi sulit menyusu karena lidah terikat,   tongue tie,   lidah terikat,   tak bisa menyusu,   sulit menyusu,   asi