Mother&Baby Indonesia
Quality Time Ibu dan Bayi

Quality Time Ibu dan Bayi

Di tahun pertamanya, Anda menghabiskan sebagian besar waktu Anda melihat Sang Bayi tidur, menyusui, dan memberinya makanan yang bergizi, serta mengganti popoknya. Mungkin Anda merasa lelah dan tidak memiliki me time. Namun, tahukah Anda bahwa masa-masa itu tidak akan terulang lagi? Tiba-tiba saja Anda akan merasa ia sudah tumbuh besar dan tidak lagi selalu bergantung kepada Anda. Dilansir melalui M&B UK, sebelum itu terjadi, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan bersama bayi Anda agar ia tumbuh dengan baik tanpa melewatkan momen-momen berharga di tahun pertamanya.

 

Taruh Si Kecil di atas tubuh Anda



Sangat penting untuk membiarkan bayi Anda tengkurap supaya menguatkan otot punggung dan lehernya, meski begitu jangan menaruh bayi di alas yang keras. “Bayi sering merasakan mulas saat tengkurap, karena bagian perutnya tertekan dan nyeri,” ucap psikolog asal Inggris, Sandra Wheatley. Ketimbang menaruhnya di alas yang keras seperti lantai, cara terbaik untuk membiarkannya tengkurap adalah dengan menaruh tubuhnya di atas tubuh Anda. Selain membiarkan ia melatih fisiknya sendiri, Sang Bayi pun akan merasa nyaman dan aman. Sembari ia tengkurap, Anda pun bisa mengajaknya bermain.

 

Bicara bahasa bayi

Mungkin rasanya aneh berbicara dengan intonasi yang kekanak-kanakan kepada bayi Anda. Namun, hal ini dapat membantu perkembangan bahasa bayi Anda. “Berbicara menggunakan bahasa bayi membuat ia mengerti. Bernyanyi menggunakan bahasa bayi juga bisa menjadi salah satu cara Anda menarik perhatiannya. Ia akan menyerap bunyi-bunyian serta kata-kata yang dinyanyikan,” ungkap Caroline Deacon, pengarang buku Boost Your Baby’s Development.

 

Lihat ini, Sayang...

Bila Anda melihat gambar di dalam buku yang menarik perhatian Anda, coba tunjukkan kepada Sang Bayi. Menurut Dr. Penelope Leach, pengarang buku The Essential First Year, “Ini adalah cara untuk berbagi dan meminta perhatiannya. Membaca bersama bayi dan mengajaknya melihat gambar-gambar adalah salah satu bentuk komunikasi.” Ketimbang hanya menjelaskan apa yang Anda lihat kepadanya, akan lebih baik jika Anda mengajaknya untuk melihat hal-hal menarik, misalnya pesawat di angkasa atau kucing yang ada di halaman.

 

Ayo berguling!



Pada bulan-bulan pertama, bayi Anda sedang berlatih mengembangkan kontrol kepalanya dan mulai mengaktifkan otot-ototnya untuk bergerak. Anda dapat membantunya dengan ikut berlatih bersamanya. Berbaringlah di atas karpet bersama Si Kecil dan tunjukkan bagaimana caranya berguling ke kanan dan ke kiri. “Bayi Anda akan mengikuti apa yang Anda lakukan sekaligus membuat ia senang,” ucap Penelope.

 

Tidur berkualitas

Perkembangan bayi terbesar terjadi justru saat ia tidur. Ketika ia terlelap, hormon pertumbuhannya bekerja, jaringan otaknya berkembang, dan pengalaman yang dialaminya akan diproses. Jadi, waktu tidur tidak hanya memberi Anda waktu istirahat sejenak, tetapi juga membantunya berkembang. Anda tentu tidak ingin ia selalu bergantung pada Anda selama ia tidur.  Terapkan saja kegiatan rutin menjelang tidur agar ia dapat tidur sendiri. Mandi air hangat, memberi ASI, membacakan buku cerita, memeluknya, serta menaruhnya di ranjang bayi dapat dilakukan supaya ia cepat mengantuk lalu tidur dengan nyenyak.

 

Perhatikan apa yang bayi lakukan

Matikan ponsel Anda lalu duduk di dekatnya, kemudian perhatikan apa yang ia sedang lakukan dan beri komentar. Jangan mengganggu aktivitasnya, sebab itu akan menunjukkan kepada Sang Bayi kalau Anda mendukung aktivitasnya dan membuatnya percaya diri.

 

Tatap mata bayi

Anda pasti sering melihat Sang Bayi sedang menatap Anda ataupun sebaliknya. Saat ia menatap Anda, ia sedang memperhatikan Anda dan membangun memori tentang Anda. Jadi, jika ia melakukan hal itu, jalin kontak mata dan tatap lekat diri bayi Anda. Lakukan interaksi dengannya, seperti tersenyum, berbicara, atau bernyanyi. (Sagar/DMO/Dok. M&B)
 



Tags: quality time ibu dan bayi,   quality time,   bayi,   ibu,   momen tumbuh-kembang