Mother&Baby Indonesia
Kenalkan Musik pada Janin

Kenalkan Musik pada Janin

Siapa yang tidak menyukai alunan musik? Bahkan, Si Jabang Bayi yang masih berada dalam kandungan ibu pun menyukainya. Ya, sebuah penelitian menunjukkan, seorang bayi masih dapat mengenali musik yang pernah ia dengar sewaktu ia berada di dalam rahim ibunya. Bayi Anda bahkan masih dapat mengingatnya sampai ia berusia 4 bulan.

 

Tim dari University of Helsinki di Finlandia meneliti 12 wanita hamil dan janin mereka. Semua calon ibu ini diberi CD lagu Twinkle-twinkle untuk didengarkan setiap 5 kali dalam seminggu selama trimester ketiga. Kemudian, mereka diminta untuk berhenti memperdengarkan lagu tersebut begitu bayi mereka lahir.



 

Setelah para bayi dari 12 ibu tersebut lahir, para peneliti mengukur gelombang otak bayi-bayi ini saat mereka mendengarkan lagu pengantar tidur tersebut dengan masing-masing catatan. Tes yang sama juga dilakukan pada sekelompok bayi yang belum pernah mendengarkan lagu dalam CD tersebut.  Sementara itu, bayi yang pernah mendengarkan lagu saat berada di dalam rahim memiliki catatan gelombang otak yang menggambarkan bahwa ia memiliki keakraban pada melodi lagu yang diperdengarkan tersebut. Catatan gelombang otak tersebut bahkan masih terlihat sama hingga mereka menginjak usia 4 bulan.



 

"Hasil ini menunjukkan, bayi mampu belajar pada usia yang sangat muda, yaitu sejak berada di dalam kandungan. Efek pembelajaran masih tetap jelas di otak mereka sampai waktu yang lama,” ungkap para peneliti. Jadi, musik apa yang suka Anda perdengarkan untuk Si Janin? (Aulia/DMO/Dok. M&B)



Tags: kenalkan musik pada janin,   musik,   kandungan,   hamil,   ibu,   wanita,   bayi,   bumil,   lagu,   twinkle-twinkle










Cover Mei-Juni-Juli 2020