Mother&Baby Indonesia
Tips Atasi Nyeri Puting

Tips Atasi Nyeri Puting

Rasa nyeri pada puting sering kali dirasakan oleh para ibu menyusui. Berbagai faktor, seperti efek tarikan dan gigitan Sang Bayi yang berlebihan mungkin dapat menyebabkan puting Anda terasa nyeri hingga tekstur puting pecah-pecah, bahkan berdarah.

 

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Sebenarnya ada beberapa cara yang dapat dicoba untuk menyembuhkan dan mengurangi nyeri puting susu. Berikut beberapa tipsnya, seperti dilansir dari M&B UK.

 

1.  Posisi yang tepat
Melakukan pelekatan dengan tepat dapat mengurangi nyeri pada puting. Saat pelekatan, dekatkan bayi Anda ke payudara, dengan posisi hidung bayi setinggi puting, dan rangsanglah refleks membuka mulut Si Bayi dengan cara menyentuh pipi atau bagian atas bibirnya dengan puting Anda. Begitu mulut bayi terbuka lebar, bawa mulutnya menuju payudara Anda dengan gerakan cepat. Setelah Si Kecil berhasil meraup puting Anda, beri tekanan pada punggung bagian atasnya.

 

2.  Rileksasi
Cukup kompres bagian puting dengan kain basah yang dicelup air hangat. Hal tersebut akan melembutkan bagian kulit yang kering dan merileksasi puting Anda sebelum menempel pada mulut Si Kecil.

 

3.  Olesi krim khusus
Anda juga bisa mengolesi bagian puting yang nyeri dengan krim khusus puting. Kandungan khusus yang terdapat di dalamnya juga dapat merawat bagian kulit yang rusak.

 

4.  Gunakan bahan pereda alami
Ada beberapa produk alami yang dapat diterapkan untuk meredakan rasa nyeri, seperti minyak zaitun organik yang juga banyak direkomendasikan. Namun, pastikan Anda telah menghilangkan dan membersihkan polesan minyak tersebut sebelum menyusui.

 

5.  ASI
Mengoleskan susu Anda sendiri di daerah puting, ternyata dapat mengurangi rasa sakit pada puting. Kandungan di dalam ASI kaya akan bahan anti-bakteri yang dapat membantu melindungi tekstur kulit  puting Anda. (Aulia/DMO/Dok. M&B)



Tags: tips atasi nyeri puting,   puting,   asi,   menyusui,   ibu,   nyeri,   wanita,   tips