Mother&Baby Indonesia
Perlukah Korset Setelah Melahirkan?

Perlukah Korset Setelah Melahirkan?

Ada banyak ibu baru yang masih patuh akan semua wejangan orangtua dan mertua mereka. Memang tak ada salahnya jika misalnya, Anda menurutinya, termasuk ritual pemakaian korset usai persalinan. Namun, benarkah jika penggunaan korset tersebut akan mempercepat rahim kembali ke ukuran semula?

 

Tahukah Anda bahwa rahim membutuhkan waktu sekitar 6 hingga 8 minggu untuk kembali ke ukuran semula? Ya, seperti diungkapkan Nadia Mulya dalam buku yang berjudul Kamus 505 Mitos & Fakta Seputar Kehamilan dan Menyusui, tubuh sudah mengatur proses mengecilkan rahim secara alami, dari ukuran yang mampu membungkus bayi (berdiameter sekitar 40 cm) ke ukuran serupa kepalan tangan (sekitar 8 cm x 6 cm x 4 cm).



 

Menurut dr. Febriansyah Darus, Sp.OG dalam sumber yang sama, cara paling ampuh untuk mengecilkan rahim adalah dengan menyusui, karena kegiatan ini membantu rahim berkontraksi dan mengecil. Selain itu, Anda pun dapat mempercepat prosesnya dengan rajin melakukan senam kegel.

 



Korset hanya bekerja pada permukaan, yaitu terlihat lebih ramping dan membantu mengencangkan permukaan perut saja. Untuk mengecilkan perut secara permanen, para bumil harus melakukan olahraga yang fokus pada otot perut, seperti sit up dan plank.

 

Jadi, tidak ada hubungannya antara pemakaian korset dengan ukuran rahim, walaupun sebenarnya sah-sah saja jika Anda tetap mengenakannya.  Dibanding bengkung, korset lebih 'ramah', karena lebih mudah dilepas, sehingga tidak mengganggu mobilitas Anda.  (Dian/Dok. M&B)



Tags: perlukah korset setelah melahirkan,   perlengkapan persalinan,   perlengkapan melahirkan,   korset,   bengkung,   r